Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Antisipasi Indosat Ooredoo Hutchison Hadapi Lonjakan Trafik Internet Mudik Lebaran 2023
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) melakukan serangkaian persiapan untuk mengantisipasi lonjakan komunikasi pada momen Ramadan-Idulfitri (RAFI) 2023.

Persiapan dilakukan dari berbagai sisi, di antaranya sisi jaringan, sisi produk, maupun dari sisi layanan.

Dari sisi network, Indosat melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian (point of Interest) di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Baca Juga:
Indosat Siap Sambut Pemudik Lebaran di Yogyakarta

Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya, dan 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura.

"Capacity headroom kami sangat cukup, dengan lebih dari 30 persen. Network kami juga sudah 100 persen terintegrasi dan semua sudah di fully optimized di jalur mudik," ujar Desmond Cheung, Chief Technology Officer IOH, di konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Berdasarkan pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi di area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sementara itu, Agus Sulistio, SVP Head of Network Operations IOH menuturkan bahwa Indosat memprediksi kenaikan trafik data tertinggi sekitar 20% dibandingkan hari biasa selama periode libur Lebaran tahun ini karena meningkatnya penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Perusahaan telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, serta menambahkan kapasitas data lebih dari 30% untuk lonjakan trafik data harian. Hal ini merupakan bagian dari komitmen dan dukungan Indosat untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

"Kita memiliki hampir 46000 site yang terintegrasi. Dan ini menjadi satu kekuatan baru buat kita untuk menikmati layanan super dari IOH, baik untuk produk Tri maupun IM3," ujar Agus.

Baca Juga:
Paket Sensasi Ramadhan Freedom Internet Indosat Ooredoo, Kuota Besar dengan Harga Bersahabat

Lebih lanjut dari sisi layanan, Indosat telah mengaktifkan command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran.

Lebih dari 2.000 petugas teknis Indosat Network Operation Center (INOC) dan Indosat Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara online dan berbasis data kognitif.

"Kita punya AI machine learning untuk memberikan sesuatu yang prediktif. Kalau ada aktivitas yang perlu disesuaikan di lapangan, akan kita lakukan secara real-time," terang Agus.

Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.

SHARE:

Pria Divonis 18 Tahun Penjara Akibat Pakai AI Bikin Konten CSAM

Ini Alasan iPhone 16 Dilarang Dijual di Indonesia