Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Indosat Siap Sambut Pemudik Lebaran di Yogyakarta
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Salah satu tradisi yang tidak mungkin dilewatkan oleh banyak orang, terutama bagi pemeluk agama Islam, setelah melakukan puasa selama bulan Ramadhan adalah tradisi mudik lebaran. 

Tradisi ini dilakukan setelah sekian lama merantau ke suatu daerah yang biasanya untuk bekerja. Nah, momen lebaran adalah momen di mana para perantau kembali ke keluarga besarnya.

Namun, adalakanya saat mudik lebaran, di kampung halaman ada saja kendala seperti kesusahan jangkauan jaringan. Selain itu, selama perjalanan kelancaran jaringan internet sangat dibutuhkan untuk kemudahan dalam mudik lebaran.

Baca Juga:
Uji Jaringan Jalur Mudik Trans Jawa (Jakarta-Yogyakarta) Ramadan 2023

Untuk mempersiapkan lebaran 2023, Tim Technologue.id berkesempatan melakukan pengujian jaringan dan fasilitas telekomunikasi di Yogyakarta yang didukungan oleh ROG Phone ASUS dan disponsori oleh tiga provider seperti XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison, dan Telkomsel.

Dalam proses pengujian ini, kami menggunakan aplikasi nPref dan Speedtest by Ookla yang secara mudah dan gratis dapat diunduh di Google Play Store. Ada beberapa hal yang akan diuji oleh aplikasi tersebut, yakni kecepatan download, upload, tes browsing, hingga tes streaming. 

Tim Technologue.id akan menguji salah satu provider, yakni Indosat Ooredoo Hutchison. Berikut ini adalah hasil Drive Test Mobile Network Lebaran 2023 di Yogyakarta dengan mengambil beberapa titik di kawasan yang padat pengunjung wisata.

Di Yogyakarta, kualitas jaringan provider Indosat Ooredoo Hutchiso (IOH) terbilang cukup stabil. Dari pengecekan aplikasi nPref tercatat bahwa kecepatan download bagi pengguna IOH sekitar 46.21 Mbps. Angka ini cukup baik lantaran kecepatannya di atas rata-rata yang berkisar di angkat 38.82 Mbps.

Baca Juga:
Adu Kuat Sinyal Internet di Candi Terbesar di Indonesia

Sementara itu, pengujian juga dilakukan untuk mengukur sejauh mana kecepatan jaringan saat pengguna IOH ingin mengupload kondisi atau suasana di Yogyakarat atau kampung halamannya.

Aplikasi nPref mencatat bahwa kecepatan upload IOH sekitar 31.07 Mbps yang mana angka tersebut di atas rata-rata yang berkisar 19.83 Mbps. Dengan begitu, para pengguna IOH tidak perlu khawatir apabila sedang melakukan mudik lebaran di Yogyakarta karena jaringan internet untuk download dan upload sangatlah stabil.

Selain melakukan uji kecepatan upload dan unduh, tim kami juga mengukur sejauh mana stabilitas jaringan saat pengguna melakukan browsing dan streaming. Ini sangat penting mengingat selama perjalanan, browsing dan streaming sangat dibutuhkan untuk mendapat informasi di perjalanan maupun menghilangkan rasa penat di jalan.

Bagi pengguna IOH yang akan melakukan mudik lebaran di Yogyakarta, stabilitas koneksi jaringan untuk browsing cukup bagus. Aplikasi nPref mencatat bahwa kecepatan browsing berada di angka 75.68 persen.

Sedangkan, kecepatan jaringan streaming tercatat di angka 96.35 persen. Dengan demikian, para pemudik di Yogya tidak perlu cemas selama perjalanan karena IOH tetap memberikan layanan jaringan yang bagus untuk menemani Lebaran 2023.

Baca Juga:
Setahun Merger, Integrasi Jaringan Indosat-Tri Selesai Lebih Cepat

Pengujian juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi Speedtest yang mana aplikasi ini akan memberikan hasil seberapa stabil dan cepat suatu koneksi jaringan. Tim Technologue.id melakukan pengecekan kecepatan unggah dan unduh.

Hasilnya, kecepatan unduh IOH di Yogyakarta sekitar 74.2 Mbps, sedangkan untuk proses upload tercatat di angka 25.0 Mbps. Para pengguna IOH masih bisa menikmati stabilitas jaringan ini untuk memberikan kabar melalui media sosialnya dengan mengupload foto atau video tanpa perlu cemas buffering.

Selama pengecekan koneksi jaringan IOH ini, tim kami mengambil sampel di tiga tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan atau para pemudik, yakni Titik Nol, Malioboro, dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

Dalam proses pengujian Drive Test Mobile Network Lebaran 2023 ini disponsori oleh Asus ROG Phone dan didukung XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison dan Telkomsel.

SHARE:

Permintaan Mobil Niaga Tinggi, Mitsubishi Buka Diler Di Indonesia Timur

Ada Sentuhan Musik Hans Zimmer di Call of Duty: Mobile Season Terbaru