Technologue.id, Jakarta – iPhone X akhirnya sudah siap berpindah tangan dari gudang Apple ke tangan konsumen di sejumlah negara. Smartphone ini begitu istimewa, karena muncul tak hanya bertepatan dengan 10 tahun kelahiran iPhone, tetapi juga berspesifikasi tinggi.

Anda akan menemukan kamera ganda 12MP dengan OIS pada bagian belakang, RAM 3GB, sertifikasi IP67, dan opsi gudang penyimpanan hingga 256GB pada ponsel 5,8 inci ini. Oke, kalau dari spesifikasinya iPhone X layak diacungi jempol, bagaimana dengan ketangguhan bodinya?

Baca juga:

Waduh, di Negara Ini Harga iPhone 8 Bisa Selangit!

Apakah Bodi iPhone X Kokoh? Ini Hasil "Penyiksaan" ke Ponsel Mewah Itu
Uji ketangguhan bodi iPhone X (source: YouTube/JerryRigEverything)
- Advertisement -

JerryRigEverything dalam pengujiannya telah membuktikan bahwa permukaan depan iPhone X (termasuk kamera selfie-nya) tidak rentan dengan goresan kunci, koin, atau silet. Kemampuan ini sama dengan kebanyakan ponsel kekinian. Sementara dalam scratch test, layar iPhone X mulai luka di goresan level keenam, pun dengan kebanyakan flagship saat ini yang diuji JerryRigEverything seperti Nokia 8.

Baca juga:

Lho, Apple Turunkan Kualitas Fitur Canggih pada iPhone X?

Bagaimana dengan bodi belakangnya? Adanya plastik di antara kaca dan frame iPhone X – yang berguna untuk meredam kerusakan fisik saat ponsel itu terjatuh – ternyata cukup rentan dengan goresan silet. Daripada bodinya kenapa-kenapa dan harus membayar Rp7,5 juta untuk replacement bodi belakangnya, baiknya langsung belikan pelindung saja begitu iPhone X berada di genggaman Anda. Namun, Apple melakukan proteksi yang baik terhadap dual-camera iPhone X-nya.

Baca juga:

iPhone X Akan Tersedia di Toko Retail, Indonesia Kebagian?

Untuk burn dan bend test, iPhone X melewatinya dengan baik walau dengan catatan khusus. Panel OLED yang dipakainya mengalami kecacatan setelah 25 detik terpapar api dari korek. Setidaknya, sensitivitas layar terhadap sentuhan masih bisa normal lagi. Sedangkan saat frame-nya coba ditekuk, ada lekukan kecil pada iPhone X, tetapi tak ada kerusakan pada bodi maupun layar.