Technologue.id, Jakarta – Layanan uang elektronik, DANA, merilis aplikasi mandiri. Setelah delapan bulan terintegrasi dengan aplikasi lain atau open platform, aplikasi dompet digital ini akhirnya sudah bisa diunduh di Google Play dan App Store.

Dengan wujud standalone app ini, DANA dapat digunakan untuk beragam kegiatan mulai dari melakukan pembayaran di merchant yang menjadi mitranya, melakukan isi ulang (top-up), pengecekan saldo, membayar tagihan, belanja online, dan melakukan transfer antar rekening DANA.

Uang yang disimpan di DANA bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di merchant. Mitra tersebut yakni BlackBerry Messenger (BBM), Ramayana, KFC, Bukalapak, Lazada, MOKA, Sepulsa, TIXid, dan lain sebagainya. Pengguna bisa melakukan pengumpulan poin dari keanggotaan gerai dan voucher.

Baca Juga:

Aksi DANA Dorong Transaksi Nontunai di Bisnis Offline

- Advertisement -

Vince Iswara, CEO DANA, menekankan bahwa DANA mengusung konsep Simple, Safe, dan Smart. Tidak hanya penggunaannya yang mudah, namun sistem transaksi di DANA diklaim aman dan nyaman.

“Dari awal development, faktor safety selalu menjadi concern kita. Semua transaksi di encrypted dan tidak ditampilkan secara full, sehingga informasi transaksi tidak bisa dicuri,” tutur Vince, saat meluncurkan aplikasi DANA, di Jakarta, Rabu (05/12/2018).

Secara user interface, aplikasi DANA cukup sederhana. Di bagian atas, memuat empat fitur penting termasuk diantaranya Scan, Top up, Send, dan Request. Dua fitur terakhir bisa mengirim dan meminta uang dari sesama pengguna. Khusus untuk mengirim (Send), pengguna harus melengkapi informasi identitas diri yang dibutuhkan, mulai dari Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, sampai potret diri alias selfie.

Baca Juga:

Perluas Bisnis, DANA Incar Platform Pembayaran E-commerce

Saat ini, DANA telah mengantongi izin dari Bank Indonesia untuk pembayaran melalui QR Code. Kode QR ini bisa dimanfaatkan oleh user-scan-merchant maupun merchant-scan-user (pengguna smartphone). Teknologi kode QR pada aplikasi DANA merupakan kode QR pertama di Indonesia yang menggunakan pendekatan user present QR.

Melalui pendekatan user present QR, sesama pengguna bisa saling melakukan pemindaian untuk mengirim dana. DANA juga menyediakan alat pemindai yang terintegrasi dengan mesin POS.

Baca Juga:

Bukalapak Tawarkan Opsi Pembayaran Digital melalui Buka DANA

Selain kode QR, selama Maret hingga Agustus, DANA juga telah mengantongi lisensi lain diantaranya untuk e-money, transfer dana, e-wallet, dan Layanan Keuangan Digital (LKD).

“Kami sudah mengantongi empat lisensi dari Bank Indonesia, di mana sedikit sekali fintech (financial technology) yang memiliki lisensi seperti itu. Bisa dihitung di bawah lima jari,” katanya.