Technologue.id, Jakarta – Ekonomi digital kian kontributif terhadap penguatan perekonomian nasional. Bisnis perdagangan elektronik seperti e-commerce masih berperan sebagai motor penggerak utama pertumbuhannya jika dibandingkan kontribusi yang diberikan pelaku bisnis offline konvensional. Ini tidak mengherankan karena masih banyak pelaku bisnis offline konvensional yang belum go-digital.

Vince Iswara, CEO DANA, menjelaskan bahwa salah satu kendala yang dihadapi pelaku bisnis offline untuk go-digital adalah masalah transaksi pembayaran nontunai dan nonkartu secara digital yang sering sulit mereka adopsi karena alasan ketiadaan infrastruktur pendukung dan rendahnya tingkat kepercayaan mereka akan faktor keamanan.

Baca juga:

Bukalapak Tawarkan Opsi Pembayaran Digital melalui Buka DANA

Tantangan inilah yang dijawab oleh platform pembayaran digital DANA melalui terobosan baru berupa penggunaan teknologi kode QR yang dapat menyelenggarakan transaksi pembayaran digital secara mudah, cepat, lancar, aman, dan tepercaya bagi semua elemen di dalam ekosistem ekonomi digital, termasuk para pelaku bisnis offline. Teknologi kode QR pada aplikasi DANA merupakan QR Code pertama di Indonesia yang menggunakan pendekatan mobile user based dan telah memperoleh izin dari Bank Indonesia.

- Advertisement -

Melalui pendekatan mobile user based, toko atau penjual yang menjadi mitra DANA dapat dengan mudah dan cepat memindai kode QR pengguna DANA dengan menggunakan alat pemindai yang terintegrasi dengan mesin POS, atau meminta pembeli melakukan swa-pindai dengan cara mengarahkan kode QR DANA yang terpampang di layar ponsel cerdasnya di atas Light White Box (LWB) inovatif yang tersedia.

Baca juga:

Perluas Bisnis, DANA Incar Platform Pembayaran E-commerce

“Inovasi ini juga didesain untuk mampu mengantisipasi celah-celah kerentanan terhadap potensi terjadinya kejahatan pembayaran yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab jika aktivitas pemindaian dilakukan oleh pembeli terhadap kode QR milik penjual. Kami optimis, tingginya jaminan kemanan dalam bertransaksi dengan menggunakan DANA akan makin menguatkan tingkat kepercayaan pelaku usaha online maupun offline, dan juga masyarakat luas dalam mengadopsi teknologi pembayaran nontunai dan nonkartu secara elektronik,” ujar Vince.

Setelah ini, DANA akan hadir dengan berbagai inisiatif bersama berbagai pelaku bisnis di Indonesia, baik online maupun offline termasuk UKM, agar semakin banyak bisnis Indonesia yang go-digital dan DANA siap menjadi infrastruktur pembayaran yang andal dan aman, imbuhnya.

Baca juga:

BBM Sajikan Dua Fitur Khusus Pengguna di Indonesia

Dalam pagelaran the Single Day 11.11 kemarin, anak perusahaan Emtek Group itu juga melibatkan pelaku bisnis offline guna makin mendorong pertumbuhan ekonomi digital secara utuh. Perusahaan menggandeng KFC dan Ramayana untuk menawarkan stimulan menarik berupa promo Rp11 bagi penggunanya.