Technologue.id, Jakarta – Aplikasi disposable camera atau kamera sekali pakai tengah nge-hits. Terbukti aplikasi disposable camera besutan Youtuber kondang David Dobrik telah mencapai satu juta download di App Store.

Well, lebih dari satu juta,” kata seorang sumber yang dikutip dari The Verge (9/1/2020).

Baca Juga:
Aplikasi Tik Tok Sematkan Teknologi Manipulasi Wajah?

Aplikasi yang dinamai David’s Disposable ini dikatakan telah melampaui satu juta unduhan dalam waktu kurang dari satu bulan, meski tidak dijelaskan berapa total unduhan sebenarnya. Namun mereka mengklaim bahwa kenaikan unduhan semakin cepat. Hal ini wajar mengingat biaya berlangganan aplikasi yang kerap dijuluki kamera ‘sachet’ ini terbilang murah, hanya US$1 atau Rp14 ribu untuk layanan premium.

Sementara bila ingin menggunakan aplikasi secara cuma-cuma, pelanggan akan dijejali oleh iklan.

David’s Disposable pun sempat bertengger di bagian teratas list aplikasi gratis paling populer di App Store Apple, menggusur Disney+ dan Instagram.

Kendati David’s Disposable saat ini tidak lagi masuk dalam peringkat aplikasi populer di App Store, namun aplikasi ini masih ada dalam bagian yang dikuratori yang disebut “Apps We Love.” foto gaya “kamera sekali pakai” yang bagus.

Baca Juga:
Aplikasi ToTok Dihapus Google dan Apple, Kenapa?

Cara kerja aplikasi disposable camera memang unik. Setelah menjepret objek melalui aplikasi ini, pengguna harus menunggu hingga pukul 09:00 hari berikutnya untuk melihat hasil akhirnya. Pemroresan foto di dalam aplikasi kamera ini membutuhkan waktu hingga seharian.

Begitu pula bila ingin mencetak langsung dari aplikasi, pengguna bahkan harus menunggu sekitar tiga minggu. Meski prosesnya lama, ini alasan aplikasi disposable camera disukai orang.

Untuk saat ini, David’s Disposable hanya bisa dinikmati pengguna iOS.