Aplikasi Tik Tok Sematkan Teknologi Manipulasi Wajah?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – ByteDance dikabarkan menyembunyikan deepfake maker pada aplikasi besutannya, TikTok. Deepfake sendiri digunakan untuk menggabungkan foto dan video yang ada ke sumber foto dan video lainnya menggunakan teknik pembelajaran mesin.

Dilansir dari TechCrunch pada Selasa (7/1/2020), temuan ini diungkapkan sebuah perusaan riset pasar aplikasi asal Israel, Watchful.ai. perusahaan tersebut menemukan keberadaan kode-kode deepfake di aplikasi Tik Tok untuk versi android terbaru dan aplikasi ByteDance lainnya, Douyin.

Baca Juga:
Deteksi Kanker Payudara, AI Lebih Akurat Dibanding Dokter?

Watchful juga mengklaim dapat mengaktifkan rangkaian kode tersebut untuk menguji fitur tersembunyi yang bisa memindai wajah pengguna dari berbagai sudut dan berbagai gerakan seperti berkedip, mengangguk, dan membuka serta menutup mulut.

Bahayanya, cara ini memungkinkan aplikasi Tik Tok dan Douyin mengumpulkan data untuk memanipulasi wajah orang lain dalam berbagai adegan dan situasi. Deepfake bisa disalah gunakan untuk membuat video atau foto palsu dari tokoh-tokoh berpengaruh.

Menanggapi hal itu, TikTok sendiri membantah adanya deepfake maker dalam aplikasinya dan menyatakan tidak berencana meluncurkannya. sementara itu, Douyin tidak memberikan tanggapan apakah fitur tersebut akan diluncurkan atau tidak.

Baca Juga:
Teknologi AI Bisa Bantu Cari Alien?

Kedua aplikasi tersebut bukan satu-satunya yang menunjukan ketertarikan pada teknologi deepfake, diketahui Snapchat juga tengah menguji fitur serupa yang diberi nama Cameos bahkan berencana segera dirilis secara global.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories