Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Aplikasi Tik Tok Sematkan Teknologi Manipulasi Wajah?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - ByteDance dikabarkan menyembunyikan deepfake maker pada aplikasi besutannya, TikTok. Deepfake sendiri digunakan untuk menggabungkan foto dan video yang ada ke sumber foto dan video lainnya menggunakan teknik pembelajaran mesin. Dilansir dari TechCrunch pada Selasa (7/1/2020), temuan ini diungkapkan sebuah perusaan riset pasar aplikasi asal Israel, Watchful.ai. perusahaan tersebut menemukan keberadaan kode-kode deepfake di aplikasi Tik Tok untuk versi android terbaru dan aplikasi ByteDance lainnya, Douyin.

Baca Juga: Deteksi Kanker Payudara, AI Lebih Akurat Dibanding Dokter?

Watchful juga mengklaim dapat mengaktifkan rangkaian kode tersebut untuk menguji fitur tersembunyi yang bisa memindai wajah pengguna dari berbagai sudut dan berbagai gerakan seperti berkedip, mengangguk, dan membuka serta menutup mulut. Bahayanya, cara ini memungkinkan aplikasi Tik Tok dan Douyin mengumpulkan data untuk memanipulasi wajah orang lain dalam berbagai adegan dan situasi. Deepfake bisa disalah gunakan untuk membuat video atau foto palsu dari tokoh-tokoh berpengaruh. Menanggapi hal itu, TikTok sendiri membantah adanya deepfake maker dalam aplikasinya dan menyatakan tidak berencana meluncurkannya. sementara itu, Douyin tidak memberikan tanggapan apakah fitur tersebut akan diluncurkan atau tidak.

Baca Juga: Teknologi AI Bisa Bantu Cari Alien?

Kedua aplikasi tersebut bukan satu-satunya yang menunjukan ketertarikan pada teknologi deepfake, diketahui Snapchat juga tengah menguji fitur serupa yang diberi nama Cameos bahkan berencana segera dirilis secara global.

SHARE:

Terancam Diblokir, ByteDance Diminta Jual TikTok ke Perusahaan AS

Rumor Apple Bakal Rilis iPhone 16 Tanpa Tombol Fisik?