Technologue.id, Jakarta – Sudah melayangkan permintaan maaf pada publik secara tertulis, upaya Apple untuk meluruskan keberadaan fitur di iPhone yang dinilai merugikan oleh user-nya ternyata tak berhenti di sana saja. Tim Cook cs memutuskan untuk mendiskon harga unit baterainya.

Untuk Anda pemilik iPhone 6 atau model yang lebih baru dan membutuhkan baterai iPhone anyar, kini Anda hanya perlu membayar Rp415 ribuan dari harga normalnya yang mencapai lebih dari Rp1 juta. Apple sebelumnya telah menjamin kalau pemakaian baterai yang prima bakal menstabilkan performa iPhone lawas kembali. Diskon ini sendiri berlaku di seluruh dunia sampai Desember 2018.

Baca juga:

Dituding Paksa User untuk Beli iPhone Baru, Begini Bantahan Apple

- Advertisement -

Selain itu, dijelaskan lebih lanjut dalam pernyataan resminya (28/12/2017), di awal tahun ini Apple juga akan merilis update iOS dengan fitur terbaru yang memungkinkan pemilik perangkat mengecek kesehatan baterai iPhone-nya. Dengan ini, diharapkan user jadi punya gambaran tersendiri apakah ini sudah saatnya mereka mengganti baterai, sebelum naik pitam karena performanya “sengaja” diperlambat oleh Apple agar perangkat tidak tiba-tiba mati.

Baca juga:

iPhone Lawas Anda Jadi Lemot? Menurut Apple Ini Sebabnya

“Seperti biasa, tim kami sedang berupaya untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik, termasuk memperbaiki bagaimana kami mengelola kinerja dan menghindari penghentian yang tidak terduga seiring bertambahnya usia baterai,” begitu komitmen Apple yang disampaikan bersamaan dengan permintaan maafnya.

Baca juga:

Vendor Android Ramai-ramai Sindir Apple

Belakangan, Apple tengah disorot, terutama oleh pengguna iPhone 6, 6s, dan iPhone SE, akibat device tersebut mengalami penurunan performa. Beberapa orang menduga Apple sengaja melakukan cara ini supaya pengguna iPhone model lawas tertarik meng-upgrade perangkatnya ke iPhone yang lebih baru. Namun, perusahaan Cupertino itu telah menyatakan bahwa hal ini merupakan efek samping dari fitur yang ada di iOS yang berguna untuk menjaga iPhone tak shut down mendadak.