Technologue.id, Jakarta – Bagi Apple, tahun ini ada yang sedikit berbeda dengan sebelumnya. Pasalnya, setelah merilis iOS 13 beberapa waktu lalu, kini Apple menghadirkan sebuah sistem operasi baru bernama iPadOS. Lalu apa bedanya?

Baca Juga:
Apple Mulai Distribusikan iOS 13, Apa yang Baru?

Mengutip dari TheVerge (24/09/19), Apple dikabarkan sudah resmi merilis iPadOS dan sudah mulai mendistribusikannya untuk sejumlah iPad yang kompatibel dengan sistem operasi tersebut. Sesuai dengan namanya, iPadOS dirancang untuk lini produk iPad sehingga tampil lebih optimal ketimbang iOS.

Sebagai iPadOS generasi pertama, banyak fitur yang sejatinya masih mengadopsi dari iOS 13. Hal itu terlihat dengan adanya dark mode dan sejumlah pembaharuan pada aplikasi Apple Maps, Photos, dan Reminder, termasuk dukungan untuk controller Xbox dan PS4.

Baca Juga:
Ini Daftar iPhone yang Kebagian iOS 13

Meski begitu, karena dirancang untuk perangkat yang layarnya lebih besar, Apple menyediakan berbagai widget tambahan yang bisa dipasang pada home screen. Widget tersebut pun dapat ditampilkan bersamaan dengan berbagai ikon aplikasi yang tampil pada home screen.

iPadOS saat ini sudah tersedia untuk berbagai lini iPad, seperti iPad Air 2, iPad Pro, iPad generasi kelima dan yang lebih baru, serta iPad Mini 4 atau dan yang lebih baru. Bersamaan dengan rilisnya iPadOS, Apple pun sudah merilis iOS 13.1 yang membawa sejumlah perbaikan bagi para pengguna yang sudah terlanjut melakukan pembaharuan ke iOS 13.