Technologue.id, Jakarta – Menjelang akhir tahun 2019, Apple sudah menyiapkan sebuah sistem operasi baru bagi sejumlah perangkat iPhone dengan hadirnya iOS versi 13. Dan perlahan-lahan, sistem operasi tersebut mulai didistribusikan melalui metode Over-the-Air (OTA).

Mengutip dari TheVerge (19/09/19), iOS versi 13 saat ini sudah tersedia pada sejumlah iPhone yang kompatibel dengan sistem operasi tersebut, yakni mulai iPhone 6S dan seterusnya. Lalu, fitur apa saja yang baru ada di iOS 13?

Baca Juga:
Menjelang Rilis, Peneliti Temukan Celah Keamanan di iOS 13

Perubahan signifikan yang terdapat pada iOS 13 adalah hadirnya Dark Mode. Tak cuma pada tampilan depannya saja, nuansa gelap juga bisa dirasakan pada sejumlah aplikasi lainnya, seperti iMessage, Photos, dan Settings. Fitur ini bersifat opsional, yang berarti pengguna bisa menggunakan mode normal jika tak nyaman dengan tampilan gelap.

Fitur unggulan selanjutnya yang juga ada pada iOS 13 adalah hadirnya mode swipe baru untuk keyboard virtual. Ini memungkinkan pengguna untuk mengetikkan huruf dengan lebih cepat dengan metode swipe.

Baca Juga:
Malware FinSpy Kembali Beraksi Serang Android dan iOS

Sebagai penyempurnaan, Apple ke depannya juga akan menyediakan versi update dari iOS 13, yakni iOS versi 13.1 pada tanggal 30 September 2019 mendatang. Melalui versi 13.1 tersebut, Siri akan mampu membaca pesan yang tiba dengan lebih keras. Bahkan, Siri nantinya juga akan mampu membagikan prediksi waktu kedatangan Anda kepada teman ataupun kolega.