Technologue.id, Jakarta – Sejatinya, Apple tak hanya identik dengan iPhone. Perusahaan yang kini dipimpin oleh Tim Cook itu juga punya produk lain di pasaran, misalnya AirPort.

AirPort adalah seri produk router wireless dan wireless card yang sudah hadir sejak 1999. Produk ini menggunakan protokol Wi-Fi 802.11b, 802.11g, 802.11n, dan 802.11ac. Namun, tahun ini adalah tahun terakhir mereka dijajakan.

Baca juga:

Apple Daftarkan 11 Model iPhone Terbaru Sekaligus!

Secara resmi, Apple telah keluar dari bisnis router dengan menghentikan produksi AirPort, AirPort Extreme, dan router Time Capusle (router Airport Extreme yang punya hard drive internal). Melansir Engadget.com (26/04/2018), raksasa Cupertino itu menyatakan akan tetap menawarkan perbaikan bug dan security patch ke depannya, kendati mereka sudah mulai menghabiskan stok hardware AirPort yang tersisa di gudangnya.

Baca juga:

Nama iPhone Akan Semakin Mudah Diingat

Beberapa analis sebenarnya telah memperkirakan kematian AirPort ini. November 2016 lalu, Apple membubarkan divisi hardware yang bertanggung jawab untuk router-nya. Mereka juga tampak mulai kesusahan dengan sistem Wi-Fi yang ditawarkan perusahaan lain macam Google Wifi atau Eero.

Baca juga:

Ini Bocoran Wujud iPhone SE2, Ada Headphone Jack dan Wireless Charging?

Akan tetapi, bukan tidak mungkin kalau AirPort di masa depan akan dibangkitkan kembali. Kata Apple, kans itu ada saja sembari mereka menemukan strategi atau teknologi baru untuk mengembangkan router ke depannya.