Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Apple Hentikan Akun Developer Epic Games di App Store
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Apple secara sepihak menutup akun pengembang Epic Games di iOS. Salah satu alasan Apple menghentikan akun pengembang Epic diketahui karena Epic secara terbuka mengkritik rencana kepatuhan Undang-Undang pasar digital (DMA) yang mereka usulkan.

Kekecewaan Epic Games terhadap tindakan Apple ini disampaikan developer tersebut melalui akun media sosialnya. Pasalnya Epic Games tidak bisa lagi merilis game Fortnite atau game baru lainnya di platform App Store milik Apple.

Baca Juga:
Analis Ungkap Rencana Apple Bikin Macbook Layar Lipat

“Apple telah menghentikan akun tersebut dan sekarang kami tidak dapat mengembangkan Epic Games Store untuk iOS. Ini merupakan pelanggaran serius terhadap DMA dan menunjukkan bahwa Apple tidak berniat untuk membiarkan persaingan yang sebenarnya terjadi di perangkat iOS,” kata Epic Games mengumumkan pemberhentian di situs resminya epicgames.com belum lama ini.

Melanjutkan apa yang diinformasikan oleh Epic Games, DMA seharusnya Apple mengizinkan aplikasi pihak ketiga seperti Epic Games Store. Pasal 6(4) DMA menyatakan:

“Pengendali harus mengizinkan dan secara teknis memungkinkan pemasangan dan penggunaan efektif aplikasi perangkat lunak pihak ketiga atau toko aplikasi perangkat lunak menggunakan, atau berinteroperasi dengan, sistem operasinya dan mengizinkan aplikasi perangkat lunak atau toko aplikasi perangkat lunak tersebut diakses dengan cara selain layanan platform inti yang relevan dari pengendali tersebut.”

Baca Juga:
Apple Resmi Menghentikan Proyek Mobil Listrik, Ribuan Karyawan Terancam PHK

Dengan menghentikan akun pengembang Epic, Apple menghilangkan salah satu pesaing potensial terbesar dari Apple App Store.

“Mereka merusak kemampuan kami untuk menjadi pesaing yang layak dan mereka menunjukkan kepada pengembang lain apa yang terjadi ketika kamu mencoba bersaing dengan Apple,” lanjut Epic.

Tidak hanya itu saja, Apple juga mengklaim bahwa Epic merupakan ancaman bagi ekosistem mereka.

Apple berkomitmen kuat untuk melindungi integritas platform iOS, serta kekayaan intelektualnya. Aturan App Store Apple melindungi keamanan, keselamatan, dan privasi pengguna.

SHARE:

Google One Akan Lenyapkan Fitur VPN

WhatsApp Diprotes Gara-Gara Turunkan Batas Usia Pengguna Jadi 13 Tahun