Technologue.id, Jakarta – Di dunia digital, semua perangkat yang terkoneksi dengan internet bisa saja tengah dimata-matai oleh para penjahat secara diam-diam. Terlebih, saat ini sudah banyak sistem pembayaran menggunakan platform digital, seperti Apple ID.

Baca juga:

iOS 12 Bikin Apple Fanboy Antusias, Kenapa?

Mengutip dari TheVerge.com (11/10/2018), sejumlah penyedia layanan pembayaran digital asal Tiongkok, Alipay dan WeChat Pay, menemukan bahwa saat ini banyak penjahat siber yang mencoba untuk membobol Apple ID untuk melakukan sejumlah pembelian dengan menggunakan akun orang lain.

Baca juga:

Alibaba Garap Chip AI Sendiri, Siap Beredar Tahun Depan

Alipay dan WeChat Pay sendiri dilaporkan sudah mengingatkan Apple berulang-ulang kali untuk bisa menutup celah keamanan pada platformnya dan segera memperbaiki masalah tersebut.

“Sejak Apple belum juga memperbaiki isu tersebut, pengguna kami yang terhubung dengan Apple ID untuk beberapa metode pembayaran, termasuk Alipay, WePay, atau kartu kredit lainnya, mungkin saja mereka rentan akan kejahatan siber,” pernyataan Alipay.

Baca juga:

Pengguna iPhone XS Keluhkan Masalah Sinyal

Hingga saat ini, belum diketahui berapa banyak akun dan nominal uang yang berhasil dibobol. Namun berdasarkan laporan dari Reuters.com, setidaknya ada sekitar US$290 (Rp4,5 jutaan) yang sudah berhasil diretas. Terkait dengan hal tersebut, Apple pun berencana untuk melakukan penggantian uang tersebut kepada para penggunanya.