Technologue.id, Jakarta – Sudah lama Apple berhasil mengembangkan chipset mobile untuk iPhone. Namun untuk modemnya, mereka masih bekerja sama dengan sejumlah vendor luar, seperti Qualcomm dan Intel. Tetapi ke depannya, mereka akan mengubah hal tersebut.

Mengutip dari GSMArena.com (12/12/2018), Apple dikabarkan baru saja berencana untuk membuat modem sendiri untuk iPhone di masa mendatang. Bahkan, mereka saat ini tengah mengembangkannya. Informasi tersebut pertama kali datang dari seseorang yang mengaku mengetahui serangkaian rencana Apple untuk iPhone selanjutnya.

Baca juga:

Geng iPhone XS Dijual, Bagaimana Kabar Harga iPhone X?

Hingga saat ini pihak Apple sendiri belum mengonfirmasi tentang rumor tersebut. Kalaupun benar, belum jelas sebenarnya apa yang mau dicapai oleh Apple melalui modem buatannya itu. Bisa saja hal tersebut dilakukan untuk melakukan efisiensi dan optimalisasi kinerja iPhone.

- Advertisement -

Baca juga:

Begini Antrian Pembeli Pertama iPhone Terbaru

Namun yang pasti, dikarenakan kompleksnya proses pembuatan dan pengembangan sebuah cip, kemungkinan perangkat tersebut baru akan rampung pada tiga tahun mendatang, yakni tahun 2020 awal atau mungkin tahun 2021.

Baca juga:

Penjualan iPhone Lesu, Valuasi Saham Apple Tersalip Microsoft

Tak cuma soal modem, belakangan ini Apple juga sempat berencana untuk mengembangkan prosesor sendiri untuk perangkat MacBook-nya. Jika hal tersebut sudah terjadi, Apple bisa saja memutus kerja sama secara sepihak dengan Intel. Sebab, mereka tak lagi membutuhkan prosesor maupun modem buatan Intel.