Technologue.id, Jakarta – iOS 13 sebentar lagi akan dirilis oleh Apple. Namun tampaknya, keamanan dari sistem operasi tersebut memiliki celah yang cukup krusial. Pasalnya, hal itu bisa dilakukan tanpa membuka lockscreen.

Baca Juga:
Apple Segera Perkenalkan iOS 13, Apa yang Baru?

Mengutip dari TheVerge (13/09/19), salah seorang peneliti keamanan bernama Jose Rodriguez berhasil menemukan celah keamanan pada iOS 13 yang membuat pengguna bisa mengakses informasi seluruh kontak pada iPhone.

Dalam sebuah video berdurasi 1 menit 55 detik yang diunggah pada channel YouTube videosdebarraquito, Rodriguez mencoba untuk mempraktekkan bagaimana ia bisa mengakses kontak tanpa harus membuka locksreen. Melalui video tersebut, ia tampak menggunakan beberapa fitur yang ada pada iPhone, seperti FaceTime, VoiceOver dan Siri.

Baca Juga:
Malware FinSpy Kembali Beraksi Serang Android dan iOS

Melalui video yang diunggah Rodriguez pada tanggal 13 September 2019 itu, terlihat kalau ia mengaktifkan panggilan melalui FaceTime. Setelah berhasil, ia mengakses VoiceOver dari Siri. Alhasil, akses daftar kontak pun akan terbuka dengan sendirinya.

Bukan pertama kalinya, Rodriguez sebelumnya juga sempat menemukan celah yang sama pada iOS 12.1. Bahkan yang teknik yang digunakannya pun sama persis. Tampaknya, sampai sekarang fitur VoiceOver masih menjadi masalah yang krusial bagi sistem operasi iOS.