Apple Siapkan Chip AI Khusus untuk iPhone?

Technologue.id, Jakarta – Kecerdasan buatan atau yang biasa disebut dengan artificial intelligence (AI) belakangan ini banyak dikembangkan oleh sejumlah perusahaan teknologi, tak terkecuali Apple.

Mengutip dari The Verge (26/05/17), Apple saat ini sedang digosipkan tengah mengembangkan sebuah chip yang khusus untuk memproses segala macam perintah yang terkait dengan AI. Dan chip tersebut kemungkinan besar dirancang khusus untuk iPhone.

Chip yang kemungkinan akan dinamai Apple Neural Engine tersebut bakal dimanfaatkan untuk mengeksekusi sejumlah algoritma yang berhubungan dengan pendeteksi wajah, pengenalan suara, maupun augmented reality.

Kehadiran chip tersebut bisa saja membuat daya tahan baterai iPhone bakal lebih lama dan meningkatkan performanya secara keseuluruhan. Ini dikarenakan beberapa perintah tak lagi dikerjakan oleh prosesor utama, melainkan sudah dilimpahkan ke Apple Neural Engine.

Belum jelas apakah chip Apple Neural Engine sudah siap untuk disematkan pada produk iPhone tahun ini. Jika sudah, kemungkinan iPhone 8 nantinya adalah perangkat pertama yang bakal mengadopsinya.

Namun satu hal yang pasti adalah Apple saat ini sudah mulai untuk melakukan sejumlah pengetesan terhadap prototipe iPhone generasi mendatang yang sudah disematkan Apple Neural Engine.

 

Baca juga:

Mungkinkah Ini Wujud dari iPhone 7s, 7s Plus dan 8?

Semahal Inikah Harga iPhone 8?

Kuartal Pertama 2017, iPhone 7 Jadi Smartphone Terpopuler

loading...