Technologue.id, Jakarta – Sejak pertama kali Apple merilis MacBook Air, mereka selalu memperbaharui lini produk tersebut dengan varian layar 12 inci. Namun ke depannya, tak akan ada lagi MacBook dengan layar sebesar itu.

Baca Juga:
Apple Bakal Pensiunkan Keyboard Butterfly?

Mengutip dari TheVerge (09/07/19), Apple dilaporkan bakal menghentikan pengembangan produk MacBook dengan layar 12 inci. Pasalnya, MacBook sekecil itu dianggap memiliki bobot yang ringan dan tipis. Namun di sisi lain, performanya tak bisa sekencang layar yang lebih besar lantaran keterbatasan ruang untuk meletakkan komponen.

Dengan begitu, ke depannya lini produk MacBook keluaran Apple menjadi tersisa dua sub seri, yakni MacBook Pro dan MacBook Air yang masing-masing bakal dijual dengan harga mulai dari US$1.099 (setara dengan Rp15,5 jutaan) dan US$1.299 (Rp18,3 jutaan).

- Advertisement -

Baca Juga:
Bos Desain Hengkang, Saham Apple Anjlok

Memangkas seri MacBook berlayar 12 inci membuat seluruh lini MacBook Pro ke depannya bakal dilengkapi dengan Touch Bar. Itu artinya, bagi pengguna yang masih ingin merasakan keyboard tradisional tanpa Touch Bar mau tak mau harus memilih MacBook Air.

Di sisi lain, secara tak langsung Apple juga tidak akan lagi menyediakan MacBook Air maupun MacBook Pro yang tak memiliki fitur retina display. Dengan berbagai langkah yang ditempuh, tampaknya mereka ingin membuat penggunanya bisa menyesuaikan diri dengan berbagai fitur baru yang ada pada MacBook.