Technologue.id, Jakarta – Gara-gara terlalu sering menggunakannya, kini tak sedikit orang yang tidak tenang kalau sebentar saja tidak mengecek smartphone. Sindrom dependensi terhadap ponsel ini tidaklah baik, karena bisa menimbulkan kecemasan dalam diri hingga mengganggu hubungan sosial.

Desainer asal Austria, Klemens Schillinger, lantas punya ide untuk membantu para pencandu smartphone yang merasa “gatal” kalau sebentar saja tidak menggunakan gawainya itu.

Baca juga:

Ini Dua Produk Baru Super Mungil dari Tesla, Apa Itu?

Atasi Kecanduan Smartphone dengan Alat Unik Ini
Substitute Phone (source: klemensschillinger.com)

Karyanya bernama Substitute Phone pun dapat menjadi media terapi atas kecanduan men-swipe layar, zooming, atau scrolling, sebuah aktivitas yang biasa dilakukan pengguna smartphone yang sering mengutak-atik ponselnya meski tak ada telepon atau pesan masuk.

 

Baca juga:

Sony Luncurkan Produk Baru ke Indonesia, Smartphone?

Mengutip TheVerge (26/11/2017), ada lima macam Substitute Phone yang dibuat Schillinger. Masing-masingnya memiliki batu berbentuk bola yang tersusun vertikal, horizontal, dan diagonal. Sementara bodinya sendiri terbuat dari plastik polyoxymethylene berwarna hitam plus sudut yang tak terlalu lugas, menyerupai bentuk smartphone kekinian.

Baca juga:

Speaker Glow in the Dark Bikin Ajeb-ajeb Makin Asoy!

Substitute Phone baru akan tersedia di pasaran dalam waktu dekat. Namun, produk inovatif ini akan dipamerkan di Vienna Design Week.

Menurut Anda, akankah alat ini efektif untuk mengurangi kecanduan mengutak-atik smartphone hingga dipakai terapis profesional?