Technologue.id, Jakarta – WhatsApp dan Google sepakat menggagas perjanjian baru. Salah satunya, backup WhatsApp tidak akan lagi mengurangi kuota penyimpanan Google Drive. Kerja sama ini bakal mendorong pengguna Android untuk secara teratur melakukan backup chat WhatsApp mereka meski tidak memiliki banyak ruang penyimpanan di Google Drive.

Pihak Google sendiri telah mengirimkan pemberitahuan mengenai perubahan ini melalui Gmail. Kebijakan ini akan berlaku untuk semua pengguna mulai 12 November 2018, meskipun beberapa pengguna mungkin dapat menikmatinya lebih awal.

Baca juga:

Sudah Tahu? Ini Cara Video Call “Keroyokan” di WhatsApp

Untuk mem-backup chat Anda Google Drive, ketuk menu tiga titik dari sudut kanan atas layar WhatsApp Anda dan kemudian masuk ke Settings > Chats > Chat backup. Lalu pencet tombol Back up. Anda dapat memilih frekuensi backup chat agar WhatsApp dapat menyimpan kembali obrolan Anda secara otomatis dengan mengetuk opsi Back up to Google Drive.

- Advertisement -

Jika ini pertama kalinya Anda back up data WhatsApp, maka Anda perlu memilih akun Google dengan mengetuk opsi Account. Baiknya, gunakan koneksi Wi-Fi saja saat back up data agar kuota internet Anda tidak boros. Anda bisa mengatur atau mengubahnya lagi nanti di pengaturan WhatsApp.

Baca juga:

Facebook Mulai Monetisasi WhatsApp melalui Fitur Bisnis

Redaksi yang menerima informasi ini kemarin (22/08/2018) juga mendapatkan informasi lainnya, seperti backup WhatsApp yang tidak diperbarui selama lebih dari setahun akan dihapus dari storage. Untuk itu, WhatsApp menyarankan agar Anda melakukan backup manual di Drive secepatnya atau paling lambat sebelum 30 Oktober 2018, agar backup yang ada sebelumnya tidak hilang.

Baca juga:

Remaja 12 Tahun Bunuh Diri Gara-gara Momo Challenge di WhatsApp

Kendati demikian, perubahan ini tentu tidak mempengaruhi pengalaman pengguna iOS, karena WhatsApp untuk iPhone menggunakan iCloud sebagai sumber menyimpan data cadangan.