Technologue.id, Jakarta – Maaf Apple, tampaknya Apple Watch membutuhkan peningkatan yang signifikan demi mendongkrak penjualannya di kemudian hari.

Ya, gara-gara merosotnya peminat Apple Watch, International Data Corporation (IDC) menyimpulkan adanya penurunan penjualan smartwatch global pada kuartal kedua 2016 lalu. Terbukti, hanya ada 3,5 juta unit smartwatch yang laku pada Q2 2016, jauh lebih rendah daripada volume penjualan keseluruhan tahun lalu yang mencapai 5,1 juta.

Dari lima vendor smartwatch teratas, Apple patut disalahkan atas penurunan ini. Sebab, tak disegerakannya suksesor Apple Watch rilis membuat jam pintar itu kesulitan merebut hati konsumen. Alhasil, penjualan mereka terjun bebas hingga 55 persen.

Padahal di sisi lain, empat kompetitor raksasa Cupertino itu mencatatkan pertumbuhan yang positif. Lenovo bahkan tumbuh 75 persen, sedangkan Samsung 51 persen.

Tabel penjualan smartwatch global Q2 2016
Tabel penjualan smartwatch global Q2 2016
- Advertisement -

Untungnya, sementara ini, Apple masih bertahan sebagai jawara dengan menguasai pangsa pasar sebesar 47 persen. Namun kalau tidak ada upgrade pada Apple Watch 2 yang rumornya akan dikenalkan pada bulan September nanti bersamaan dengan iPhone 7, bukan tidak mungkin Apple harus merelakan singgasananya direbut vendor lain.

 

Baca juga :

SEDIH, IPHONE TERJAJAH DI NEGERI SENDIRI

IPHONE 7 TERSEDIA DALAM 3 VARIAN?

SAMSUNG GALAXY NOTE 7 MIRIP DENGAN YANG LAMA, TAPI…