Technologue.id, Jakarta – Dapat memperoleh informasi tambahan sampai melayangkan kritik dan komplain pada dasarnya adalah hak konsumen. Namun dalam implementasinya, terkadang penyedia produk atau jasa tidak memberikan kanal yang benar dan mudah bagi konsumen untuk bertanya atau menyalurkan aspirasinya.

Maka dari itu, hadirlah aplikasi seperti Tania Care. Platform ini memungkinkan konsumen atau pelanggan untuk berhubungan dengan akun media sosial resmi yang dimiliki perusahaan yang hendak mereka hubungi. Pada redaksi, Ivosights selaku pengembang Tania Care mengklaim tak kurang dari 850 brand telah mereka tampung dan akan terus bertambah ke depannya.

Baca juga:

Selain Samsung, Ini Brand Elektronik Top Buruan Netizen Indonesia

Berangkat dari sini, redaksi pun penasaran untuk mencoba Tania Care. Ternyata, memang cukup mudah untuk menjangkau brand resmi lewat media sosial yang dihubungkan via Tania Care dan, yang terpenting, tepat sasaran alias tidak salah alamat. Begini caranya.

1. Ambil ponsel Android Anda yang telah terkoneksi dengan internet. Bukalah Play Store dan unduh aplikasi Tania Care.

2. Setelah proses pengunduhan selesai, masuklah ke laman utama Tania, lalu tap tombol “Start Asking” atau “Mulai Bertanya”.

Begini Cara Mudah Komplain ke Lebih dari 850 Perusahaan
Tampilan awal aplikasi Tania Care (Technologue.id/Ulwan Fakhri)

Baca juga:

Sudah 100 Kota, Cengkraman Grab di Indonesia Makin Kencang

3. Masukkan nama perusahaan atau brand yang Anda tuju. Menurut Ivosights, sudah ada brand dari beragam industri, mulai dari otomotif, asuransi, e-commerce, brand elektronik ternama, hingga operator telekomunikasi.

4. Ketika sudah menemukan brand yang Anda tuju, maka empat logo media sosial di bawahnya, yaitu Facebook, Twitter, Google Plus, dan e-mail, akan menyala. Tandanya, lewat medsos yang logonya menyala itulah Anda bisa menghubungi penyedia jasa atau produk yang Anda maksud.

5. Lantas, Anda bakal berhadapan dengan kolom pesan dan tipe komentar yang ingin Anda layangkan (bisa saran, komplain, atau permintaan). Isilah sesuai kebutuhan Anda, lalu pencet tombol “Kirim”.

Begini Cara Mudah Komplain ke Lebih dari 850 Perusahaan
Mengirimkan pesan ke brand yang dituju menggunakan Tania Care (Technologue.id/Ulwan Fakhri)

Baca juga:

Siapa Ma Huateng, Orang yang Kekayaannya Sudah Lebihi CEO Alibaba?

6. Jika Anda belum melakukan otentikasi akun, maka Tania akan meminta Anda login dulu di media sosial yang Anda pakai untuk menghubungi brand tadi dan mengotentikasinya. Begitu sudah, maka pesan Anda bakal langsung terkirim dan dilihat di akun medsos Anda.

Mudah bukan cara memanfaatkan Tania untuk menagih hak Anda sebagai konsumen? Semoga tips ini bermanfaat, ya!