Technologue.id, Jakarta – Saat ini, banyak netizen yang kecanduan bermain media sosial. Tak mengherankan, perusahaan-perusahaan media sosial ternama memang “sengaja” membuat para penggunanya kecanduan bermedsos dengan menonjolkan sejumlah fitur favorit, macam scroll dan like.

Baca juga:

Seperti Kokain, Sosmed “Sengaja” Didesain Bikin Kecanduan

Instagram salah satu platform yang mengadopsi fitur-fitur adiktif tersebut pun berinisiatif untuk membantu user mengontrol penggunaannya. Perusahaan induknya, Facebook Inc., telah menyediakan fitur baru bernama activity dashboard, yakni pengingat harian (reminder) dan cara baru untuk membatasi notifikasi.

“Fitur ini bukan hanya menampilkan jumlah waktu yang Anda habiskan di Instagram, namun juga apa yang Anda nikmati di platform kami. Instagram memahami besarnya pengaruh media sosial dan fitur ini akan membantu pengguna memanfaatkan Instagram secara bijak,” janji Ameet Ranadive, Product Management Director Instagram, dalam keterangan resminya pada redaksi.

- Advertisement -

Baca juga:

Ini Cara Menambahkan Musik ke Instagram Stories, Cek yuk!

Begini Tips Membatasi Waktu Main Instagram
Tips membatasi penggunaan Instagram (eksklusif / Technologue.id)

Untuk mengakses fitur ini, buka Settings dari aplikasi Instagram Anda. Kemudian, ketuk pilihan “Your Activity” dan pilih “Your Time on Facebook”. Di paling atas, nantinya Anda akan melihat dashboard berisikan waktu rata-rata Anda di aplikasi.

Sementara di bawah dashboard, Anda bisa mengatur dan mengubah reminder harian agar aplikasi dapat mengingatkan Anda jika terlalu lama mengalokasikan waktu untuk menggunakan Instagram di hari tersebut. Sedangkan dari “Notification Settings”, Anda bisa membatasi notifikasi yang dikirimkan Instagram pada saat-saat di mana Anda tidak ingin diganggu.

Baca juga:

Facebook Incar Hak Siar Liga Inggris

Fitur yang diciptakan dari hasil kolaborasi dengan para pakar, akademisi, dan organisasi kesehatan mental ini dihadirkan sebagai bentuk tanggung jawab Facebook Inc. terhadap pengguna platform-platformnya. Jika aplikasi Instagram Anda belum memunculkan fitur ini, sabar saja dan segera perbarui apabila paket update telah tersedia. Aplikasi berbagi foto dan video ini sudah menjanjikan untuk menggulirkan secara global mulai awal bulan ini.