Technologue.id, Jakarta – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menghadirkan Archipelageek serta mengajak para bisnis kreatif di Indonesia untuk mengikuti ajang South by Southwest (SXSW) 2019 di Austin, Texas, Amerika Serikat.

SXSW merupakan festival seni kreatif dan teknologi terbesar di dunia. Di tahun ini, Bekraf akan mengajak perusahaan startup lokal dan satu musisi, termasuk diantaranya Ars, MTarget, Nodeflux, TeleCTG, Noore Sport Hijab, Dicoding, Knok Percussion, program Hello Dangdut, dan musisi Dhira Bongs.

Baca Juga:
Gandeng Bekraf, Grab Serius Dukung Ekonomi Kreatif Indonesia

Bekraf berharap dapat mengajak lebih banyak lagi perusahaan rintisan asal Indonesia dengan variasi produk yang lebih banyak dan lebih luas.

“Bekraf secara konsisten memfasilitasi pelaku industri ekonomi kreatif dalam melakukan pemasaran kepada target pasar. Untuk itu, Bekraf berupaya memperkenalkan produk dan talenta kreatif Indonesia hingga menjangkau pasar yang lebih luas di gelaran bertaraf internasional seperti SXSW 2019,” ujar Triawan Munaf, Kepala Bekraf, dalam sambutannya di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Setiap mengikuti event tahunan ini, Triawan mengaku ada impact yang dirasakan oleh para peserta. Entah dari sisi kualitas produk maupun pendanaan.  Sebab itu, Bekraf mendorong startup lokal agar aktif mengikuti event global.

“Salah satu tujuan Bekraf adalah meningkatkan kontribusi ekspor kita, makanya kita harus aktif partisipasi di event bergengsi,” tuturnya.

Andi Sadha, Head of Comittee Archipelageek, berharap lebih banyak perusahaan rintisan yang berpartisipasi demi membuka kesempatan serta pengalaman mengenal pasar Amerika dan dunia yang potensial untuk produk ekonomi kreatif asal Indonesia.

“SXSW merupakan salah satu festival convergence terbesar di dunia. Event ini banyak melahirkan teknologi baru, sebut saja Twitter pernah menjadi partisipan di sana. Seluruh kreatifitas, inovasi, dan karya yang tepat sasaran mendatangkan banyak pujian dan apresiasi hingga akhirnya membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak,” jelasnya.

Baca Juga:
Peran Bekraf Dorong Laju Industri Game Lokal

Menanggapi hal tersebut, Jonathan Aditya, Co-founder & CEO Ars, menyampaikan, “Bersama Bekraf, SXSW memberikan kesempatan bagi Ars untuk menembus pasar global. Hal ini menjadikan Ars lebih siap untuk melebarkan sayap ke pasar Amerika. Selain itu, kami juga semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas produk, di samping mencari funding.”

Selain showcase dari para startup, lebih menarik lagi, SXSW 2019 akan menghadirkan Hello Dangdut, yaitu program pemasaran lagu dangdut agar mendunia. Kampanye ini bakal disajikan oleh David Tarigan selaku konsultan musik tanah air.

Festival South by Southwest (SXSW) 2019 akan digelar tanggal 10-17 Maret 2019 di Austin, Texas.