Belajar Online Serasa Di Kelas Sungguhan Lewat Google Meet

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sekolah dan kampus di beberapa wilayah di Indonesia diliburkan selama dua pekan. Untuk membantu proses belajar via virtual, layanan Google Meet mungkin bisa diandalkan untuk membantu kegiatan siswa belajar di rumah.

Google Meet juga dikenal sebagai Google G Suite for Education. Layanan ini dapat diakses melalui website, Android maupun iOS. Di Google Meets ini tidak hanya bisa melihat dokumen belajar tetapi juga presentasi hingga merekam. Sebelum menggunakan layanan ini, Anda terlebih dulu harus memiliki akun G-Suite.

Baca Juga:
Membuat Video Call Berempat dengan WhatsApp

Sekolah dapat menggunakan Hangouts Meet, alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite dan Google Classroom untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh di rumah.

Fitur Hangouts Meet memiliki kemampuan live streaming hingga 10.000 penonton dalam suatu domain dan pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas hingga 1 Juli 2020 yang bisa direkam dan disimpan di Google Drive untuk akses di kemudian hari.

Berikut langkah-langkahnya yang dilansir dari blog.google:
1. Untuk membantu siswa, guru dan staf bekerja di G Suite Offline langkah pertama adalah mengaktifkan akses offline untuk semua pengguna. Tim IT atau EdTecg Anda dapat melakukan ini dari konsol admin G Suite menggunakan instruksi ini untuk perangkat yang dikelola di bagian Fitur dan Aplikasi di Konsol admin, administrator dapat mengklik “Izinkan pengguna untuk mengaktifkan akses offline.”

Baca Juga:
Sekolah Diliburkan, Aplikasi Belajar Online Gratiskan Layanan

2. Pengguna G Suite juga perlu mengunduh ekstrensi Google Document Offline untuk Browser Chrome yang akan memungkinkan mereka menggunakan Google Documents, Spreadsheet, Drive dan Slide tanpa akses online.

3. Terakhir, orang-orang harus mengaktifkan akses offline untuk aplikasi G Suite yang ingin mereka gunakan sebelum offline. Bagikan petunjuk ini untuk membuka file G Suite secara offline. Adalah ide yang baik untuk meminta siswa menguji apakah akses offline berfungsi dengan baik, bantu mereka mematikan akses Wi-Fi dan mencoba mengakses file G Suite. Siswa dapat mengunduh catatan dari Slide, Document dan lainnya atau mengunduh materi perkuliahan kelas dari Drive.

Khusus untuk siswa, G Suite bisa diakses meskipun tanpa Wi-Fi atau konektivitas yang rendah. Akan tetapi Anda perlu mendaftarkan tim EdTech dan IT Anda untuk mengatur akses offline untuk semua orang.

- Advertisement -

Latest News

Vivo Y53s Meluncur di Indonesia, Ini Spek dan Harganya

Technologue.id, Jakarta - vivo Indonesia secara resmi mengumumkan kehadiran vivo Y53s sebagai generasi Y-Series terbaru di Indonesia. Konsumen kini bisa mendapatkan vivo...

Debut Realme GT Master Edition dan Explorer Edition Dirancang Desainer Kawakan

Technologue.id, Jakarta - Realme resmi meluncurkan seri realme GT Master Edition di Tiongkok pada 23 Juli 2021. Dalam balutan desain dari Naoto...

Game Mobile Sambangi Netflix, Tanpa Biaya Tambahan

Technologue.id, Jakarta - Netflix akan menghadirkan konten game di platformnya. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh perusahaan. "Kami juga...

Kementerian BUMN Luncurkan Aplikasi FitAja!

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan beberapa BUMN yang bergerak dibidang Healthcare meluncurkan platform kesehatan dalam rangka memperluas akses Digital...

Advan Luncurkan G5 Plus, Harga Rp 1 Jutaan

Technologue.id, Jakarta - Advan kembali meluncurkan smartphone murahnya. Adalah Advan G5 Plus, smartphone yang memiliki RAM 3GB ini dibandrol dengan harga Rp...

Related Stories