Technologue.id, Jakarta – Keamanan pada dasarnya adalah keharusan yang wajib disediakan dalam experience online shopping yang menyeluruh. Bagaimana tidak, Anda dan netizen lainnya harus menyerahkan data sensitif ke situs tersebut untuk memproses pembayaran. Sayang, tak semua pihak berhasil memberikan rasa aman pada warganet, termasuk OnePlus.

Terungkap, situs resmi vendor asal Tiongkok itu telah dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab. Para customer mereka yang melakukan pembelian di situs resmi OnePlus antara bulan Oktober sampai Desember 2017 mendapati tagihan mencurigakan di kartu kreditnya.

Baca juga:

ZTE Siapkan Smartphone Lipat Baru, Akankah Ada Kejutan?

Salah satu pemantik isu ini adalah seorang anggota forum OnePlus dengan username superdutynick. Senin (15/01/2018), ia membuka thread di forum tersebut dengan curhatannya soal bagaimana dua kartu kredit yang dipakainya membeli ponsel OnePlus tiba-tiba mencatat transaksi yang tidak ia buat.

“Saya jarang menggunakan dua kartu kredit itu. Satu-satunya tempat di mana saya menggunakan keduanya dalam kurun enam bulan terakhir adalah di situs OnePlus,” jelas superdutynick yang untungnya mengaku memiliki fraud protection pada kartu kreditnya.

Baca juga:

Kamera Smartphone Huawei Dijanjikan Setara dengan DSLR

OnePlus merespons hal ini dengan serius. Sejauh ini, laporan yang mereka terima adalah dari customer yang berbelanja menggunakan metode pembayaran kartu kredit secara langsung di oneplus.net saja, bukan yang menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PayPal. Terkait asal kemungkinan isu ini, OnePlus membantah akibat dari bug platform e-commerce Magento yang dipakai di situsnya, walaupun investigasi masih mereka jalani.

Baca juga:

Xiaomi Siap Melantai ke Pasar Bursa

“Kami langsung memulai investigasi kasus ini sebagai masalah yang urgent, dan akan mengabarkan informasi terbaru pada Anda,” tulis seorang perwakilan OnePlus juga di forum tersebut (15/01/2018).