Berantas Malware, Google Manfaatkan AI

Google Dituntut Para Mantan Pegawainya Gara-gara Ini
Ilustrasi Google (source: webmarketingpros.com)

Technologue.id, Jakarta – Setiap sistem operasi tak akan lepas dari potensi akan serangan malware, terlebih Android yang penggunanya lebih banyak ketimbang platform mobile lainnya. Oleh karenanya, sebagai pembuat Android, Google tak tinggal diam begitu saja.

Mengutip dari NextPowerUp (27/09/17), Google dilaporkan sedang mencoba untuk memanfaatkan kecerdasan buatan / Artificial Intelligence (AI) guna memberantas malware yang ada di Google Play Store.

Baca juga:

Aplikasi Opera Mini Kini Ada Artificial Intelligence-nya, Apa Gunanya?

Sebagai pasar aplikasi dan game, Google Play Store sendiri kerap menjadi sebuah media bagi pendistribusian malware. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengunggah sebuah aplikasi palsu dan disusupi sebuah malware.

Baca juga:

Microsoft Berhasil Ciptakan Sistem Artificial Intelligence Super Cepat

Oleh karena itu, Google berencana untuk memanfaatkan AI guna mendeteksi dan membuang aplikasi palsu yang beredar di Play Store. Hingga saat ini, mereka sendiri mengakui kalau AI yang dikembangkannya sudah jauh lebih baik dari beberapa bulan lalu.

Baca juga:

Dituding Halalkan Komik Pornografi, Begini Kata CEO BBM

Jika dibandingkan dengan enam bulan lalu yang baru bisa mendeteksi sekitar 5 persen malware, kini Google berhasil membuat tingkat keberhasilannya naik menjadi 55 persen. Persentase perangkat Android yang terkenal malware pun ikut turun dari 0,6 persen ke 0,25 persen.