Technologue.id, Jakarta – Seorang pria mengunggah pengakuannya mengenai hidupnya yang telah diselamatkan oleh sebuah jam Apple miliknya.

Dari unggahan artikel di Reddit, Ia menceritakan bagaimana Apple Watch memberikan notifikasi tentang detak jantungnya yang semakin meningkat dan berpotensi terkena serangan jantung. Berkat notifikasi tersebut, Green segera mendapatkan pertolongan di rumah sakit sehingga hidupnya terselamatkan.

Baca Juga:
Apple Watch Seri 4 Kini Bisa Rekam Jantung Lebih Akurat

“Saya sedang berbaring di tempat tidur, menonton televisi, dan menyantap brisket buatan sendiri. Kemudian Apple Watch memberi tahu saya bahwa detak jantung saya aneh, dan kemudian, memberi tahu saya bahwa detak jantung saya sangat cepat (terima kasih heart rate alert)

- Advertisement -

Disebut ER, ketika mereka tiba, mereka menemukan saya dalam masalah serius. Tubuh menjadi syok, dilarikan ke rumah sakit dengan tandu, dan dibawa ke trauma.

Saya merasa benar-benar baik-baik saja sebelum semuanya terjadi, dan kemudian ada notifikasi itu, dan kemudian BAM, semuanya menjadi gila.

Ketika dijemput oleh paramedis, saya didiagnosis menderita tachycardia (yang ditandai dengan denyut jantung yang lebih cepat dari normal yang terjadi ketika impuls jantung normal terganggu). Mereka memberi saya infus dan memberi saya oksigen, dan memberikan bantalan EAD pada tubuh saya. Saya pingsan di ambulans dalam perjalanan ke rumah sakit. Bangun di tempat tidur rumah sakit.”

Baca Juga:
Apple Watch Bakal Bisa Deteksi Gejala Stroke

Apple Watch yang merupakan salah satu produk Apple telah dilengkapi dengan perekam detak jantung (heart rate). Cara kerjanya seperti aplikasi instant heart rate, yaitu menyerap pantulan warna merah dari aliran darah yang berwarna merah, Apple Watch menggunakan lampu LED hijau yang dipasangkan dengan fotooda sensitif cahaya untuk mendeteksi jumlah darah yang mengalir melalui pergelangan tangan.

Saat jantung pengguna berdetak kencang, darah mengalir di pergelangan tangan dan penyerapan cahaya hijau LED lebih besar.

Apple Watch memiliki fitur notifikasi untuk peringatan jika detak jantung penggunanya saat beristirahat lebih dari 120 detik per menit. Fitur ini sangat membantu seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau pernafasan lainnya. Tak heran jika James Green hidupnya dapat terselamatkan karena ia mengaktifkan notifikasi apple watch ini sehingga dirinya dapat tertolong dengan cepat.