Technologue.id, Jakarta – Bermain game online memang sangat menyenangkan dan dapat me-refresh pikiran gamer dari berbagai masalah kehidupan. Tidak jarang para gamer merasa ketagihan karena berbagai fitur menantang yang disuguhkan oleh game tersebut. Namun dibalik ‘sifat’ adiktifnya, ternyata, bermain game online dapat memberikan banyak manfaat, terutama bagi pemain game itu sendiri.

Dell Technologies melakukan survei di 11 negara di seluruh dunia tentang karakteristik pengguna game. Pengertian gaming sendiri saat ini berubah secara cepat dan eksponensial dibanding tahun lalu. Saat di kompetisi, tidak lagi ada batasan dari segi teknis, etnis, politis, dan gender. Tjipto Suparto, Consumer Country Director Dell Indonesia, mengatakan, 40 persen yang jadi penentu kemenangan individu dalam gaming adalah skill level.

Skill level salah satunya akan terbentuk melalui jam terbang bermain game. Semakin rutin gaming, maka teknik dan cara berpikir kita akan meningkat. Alhasil, bermain game mengasah kemampuan otak dan refleks koordinasi syaraf. Tak hanya itu, masih banyak manfaat yang ternyata dapat maniak game peroleh dari hobi bermain game. Berikut lima di antaranya, sesuai pemaparan Tjipto:

Baca juga:

Hadir di Asian Games Pertama Kali, eSports Kompetisikan 6 Game

- Advertisement -

1. Lebih tech savvy atau melek teknologi
Game dari segi apa pun pasti sudah membawa teknologi ter-update, entah dari segi pengolah grafis atau fitur-fitur di game, yang membuat user experience kian lebih baik. Semakin canggihnya teknologi, pengalaman bermain game kita pun semakin meningkat. Begitu juga saat bermain game, disadari atau tidak, kita akan mudah akrab dengan kemunculan teknologi di sekitar.

2. Kemampuan meningkat pemikiran strategis
Bermain game online tidak bisa hanya bermodal keberuntungan saja. Untuk menyelesaikan suatu misi, gamers harus mengatur strategi terbaik agar meminimalisir penggunaan item penting dan menjaga kesehatan karakter yang kamu mainkan. Gamers juga perlu menyusun strategi agar waktu yang kamu gunakan dalam bermain game bisa sesuai dengan hasil yang gamers dapatkan.

Apalagi jika gamers sudah bergabung dengan suatu Guild, tentu akan memerlukan banyak strategi baru yang secara tidak langsung akan melatih dalam berpikir kritis dan taktis di kehidupan nyata.

Baca juga:

Tren Gaming Mobile Belum Lengserkan Penggunaan PC Gaming

3. Peningkatan kordinasi tangan dengan mata
Bermain video game sebenarnya dapat meningkatkan ketangkasan anak Anda, yang sangat berguna untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sebenarnya banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, tetapi hal itu kurang menarik keinginan anak-anak untuk mencobanya.

4. Meningkatkan kemampuan refleks
Bermain game, terutama game action yang membutuhkan reaksi yang cepat, akan membuat tubuh terbiasa untuk merespons rangsangan secara cepat. Ini juga penting buat pengemudi yang terbiasa berkendara di jalan. Jika tiba-tiba terjadi tabrakan, biasanya mereka akan dengan cepat melakukan gerakan antisipasi.

Baca juga:

Indonesia Jadi Tuan Rumah Lomba Mobile Legends Terbesar se-ASEAN

5. Teamwork skills dan kemampuan leadership
Dalam game online, terutama yang berbasis MMORPG sering ada fitur seperti Guild, Friends dan Mentorship. Beberapa organisasi dalam game online tersebut bahkan ada yang menerapkan peraturan penting seperti absen di waktu tertentu, target mingguan sampai iuran bulanan yang harus disumbangkan ke guild.

Bermain game online secara tidak langsung bisa gamer manfaatkan untuk belajar berorganisasi sebelum benar-benar terjun di masyarakat.

Bermain game online juga dapat mengasah team work. Mereka harus mempunyai kerja sama tim yang kuat agar dapat menyelesaikan misi. Contohnya, dalam tim tersebut harus ada yang berperan sebagai tanker, support, healer dan sebagainya. Setiap gamer harus memahami peran masing-masing dan menyumbangkan kemampuannya agar tidak merugikan anggota tim yang lain.

Mengacu pada hasil survei ini, game jenis apa pun yang kita mainkan semua punya manfaat. Meski banyak manfaatnya, gamer tetap tidak boleh terlalu banyak mengorbankan waktu untuk bermain game online. Tetap peduli dengan sekitar dan utamakan prioritas hidup, ya!