Technologue.id, Jakarta – Xiaomi Mi 9 punya tiga sensor kamera di sudut kiri atas dan dilapisi dengan kaca Sapphire. Materi kaca dari kristal tersebut disebut-sebut kebal goresan dan bisa menghantarkan panas sebaik logam. Namun kenyataannya perlindungan pada Mi 9 tidak maksimal.

Berdasarkan eksperimen YouTuber Zack Nelson dengan nama akun JerryRigEverything, materi kaca untuk lens cover pada kamera utama Xiaomi Mi 9 tidak seutuhnya dilapisi bahan safir. Ia menduga itu campuran antara kaca dan safir, sehingga disebut Sapphire Glass.

Baca Juga:
Xiaomi Mi 9 Puncaki Daftar AnTuTu

Kristal safir sendiri merupakan salah satu materi paling tangguh yang ada di muka bumi. Tingkat kekerasannya disebut-sebut hanya kalah dari batu intan. Pada skala Mohs, garis coretan benda tajam biasanya akan tampak pada level 9

Namun lapisan kaca di kamera Xiaomi Mi 9 menampilkan goresan pada level 6 dan menunjukkan lekukan yang lebih dalam pada level 7. Tidak mencerminkan ketahanan kaca safir sesungguhnya, di mana lebih tinggi dari tempered glass dan Gorilla Glass.

Baca Juga:
Disiksa YouTuber, Nasib Redmi Note 7 Berakhir Tragis

Zack menilai mungkin Xiaomi memakai level kristal safir yang lebih rendah. Sama hal dengan lapisan lensa kamera pada iPhone 7 yang dulunya juga menggunakan bahan safir.