Bocoran Tampilan Android 12.1, Usung Antarmuka untuk Ponsel Lipat

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google sepertinya akan meluncurkan pembaruan minor Android 12.1, jelang rilis resmi OS generasi terbaru. Sebelum diluncurkan, beredar screenshot yang menampilkan bocoran wujud sistem operasi baru ini.

Bocoran ini datang dari XDA Developers yang mengaku mendapatkannya dari ‘draft awal’ dokumen yang didistribusikan oleh Google ke mitra Android. Sebenarnya tidak jelas apa nama pembaruan Android yang akan datang ini atau kapan akan dirilis, jadi untuk saat ini orang hanya menyebut versi baru sebagai Android 12.1.

Pada foto yang beredar dalam bentuk tangkapan layar (screenshot) antarmuka Android 12.1 terlihat terpasang di ponsel lipat, Google Pixel Fold.

Mengacu pada bocoran XDA-Developers (4/10/2021), salah satu perubahan terbesar di Android 12.1 adalah cara Google menyesuaikan UI Android 12. Raksasa teknologi itu menampilkan konfigurasi dual-panel. Artinya satu layar penuh dipisah jadi dua bagian.

Baca Juga:
Bocoran Android 12.1, Sistem Operasi Khusus Smartphone Lipat

Ketika pengguna pull-down panel notifikasi, di sisi kanan menampilkan bagian pemberitahuan dan pengaturan ponsel di bagian kiri.

Selain itu, saat membuka menu Settings di ponsel, pengguna akan melihat dua tampilan di layar, setelah meng-klik satu opsi.

Pada bagian bawah, Android 12.1 turut menampilkan beberapa ikon aplikasi yang sedang berjalan. Kemungkinan, OS baru itu akan memiliki kemampuan membuka aplikasi dengan mode split-screen.

Tujuan menambahkan panel kedua adalah untuk memberikan lebih banyak informasi di layar dan untuk lebih memanfaatkan lipatan format yang lebih besar, sehingga Anda dapat melihat notifikasi dan setting cepat perangkat Anda secara bersamaan.

Sayangnya, tidak diperlihatkan bagaimana kondisi layar saat kemampuan tersebut digunakan. Ada juga tema baru yang dinamai ‘Material You’. Tema tersebut akan memiliki warna sesuai dengan color tone wallpaper pengguna di ponsel.

Baca Juga:
Google Siapkan Android 12.1

Tak hanya di ponsel lipat Google saja, pembaruan OS Android 12.1 juga akan hadir di perangkat non-foldable.

Tentunya, bocoran tampilan antarmuka Android 12.1 ini masih bersifat sementara. Google belum mengumumkan secara resmi bagaimana keputusan akhir untuk Android 12.1 sehingga bisa saja saat peluncuran tampilan akan berbeda.

XDA memperkirakan bahwa rilis Android 12.1 kemungkinan besar akan bertepatan dengan peluncuran smartphone lipat Pixel perdana.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories