Technologue.id, Jakarta – Bos baru Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, mengaku baru dua minggu berada di Jakarta. Tanpa lama berleha-leha, Ia langsung didapuk menjadi orang yang memperkenalkan sekaligus mempresentasikan smartphone terbaru Redmi Note 8 Series di hadapan publik.

Di Indonesia, Alvin akan memimpin pengelolaan operasional Xiaomi secara penuh. Selama masa bakti ini, Ia membeberkan strategi perusahaan ke depan.

Baca Juga:
Xiaomi Jor-joran Upgrade Kamera Redmi Note 8

“Strategi Xiaomi sangat simple yaitu menyediakan amazing products dengan honest pricing. Dan juga fokus kepada Mi Fans,” ujar Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, usai acara peluncuran smartphone terbaru, di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Ia menekankan bahwa melibatkan Mi Fans (sebutan pengguna produk Xiaomi) sangat penting untuk menunjang bisnis mereka, selain senantiasa melakukan inovasi produk. Dengan persaingan pasar smartphone yang sangat ketat, Xiaomi selalu berpegang teguh pada visi dan misi mereka tersebut. Alih-alih hanya mencontek strategi bisnis kompetitornya.

“Bila strategi Anda untuk mengikuti brand lain, maka Anda akan menjadi nomor dua. Namun bila strategi Anda untuk memuaskan permintaan pasar, maka mungkin Anda akan menjadi nomor satu. Untuk itulah kami perlu mengetahui produk-produk kami, kita perlu menggembleng R&D (penelitian dan pengembangan) yang baik, dan yang tak kalah penting kami perlu mendengarkan masukan dari penggemar,” jelasnya.

Baca Juga:
Sah, Ini Dia Smartphone 64MP Pertama di Indonesia

Kanan – Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Alvin mengatakan, Indonesia yang memiliki tingkat penetrasi smartphone yang tinggi dan masyarakat yang antusias adalah wilayah yang kritikal untuk strategi Xiaomi secara global.

Alvin sendiri pertama kali bergabung dengan Xiaomi pada 2013 dan secara aktif terlibat dalam perintisan dan dominasi Xiaomi secara global di beberapa pasar kunci, termasuk India dan Eropa Barat. Alvin juga memimpin lini bisnis smartphone Pocophone.

“Saat saya bekerja untuk Pocophone, saya selalu berusaha untuk communicate. Pokoknya strategi harus selalu untuk fans,” tandasnya.

Salah satu hal yang kerap dikeluhkan oleh Mi Fans adalah ketersediaan stok smartphone Xiaomi di pasaran. Konsumen sering kesulitan mencari barang setiap ada smartphone baru Xiaomi yang dilempar ke pasar.

Menanggulangi masalah stok ini, Alvin menjanjikan untuk produk baru saat ini, Redmi Note 8 Series, akan disediakan stok sebanyak 20 ribu unit pada penjualan perdana nanti. Selain itu, mereka juga akan mengedarkan hingga 100 ribu unit smartphone setiap bulan.

Diharapkan dengan komitmen ini, Mi Fans tidak akan mengganggap smartphone Xiaomi sebagai ‘ponsel gaib’.