Technologue.id, Jakarta – Microsoft secara resmi sudah mengumumkan bahwa browser bawaan Windows 10, Microsoft Edge akan beralih ke engine Chromium buatan Google dan akan tersedia untuk beberapa platform sistem operasi. Namun belum juga resmi dirilis, Microsoft Edge berbasis Chromium tersebut sudah bocor.

Mengutip dari TheVerge (24/03/19), baru-baru ini beredar sebuah link download untuk browser Edge terbaru pada sejumlah situs berbagi file dan forum online. Walaupun belum final, link tersebut mengarahkan pengguna untuk mendownload browser Edge versi preview yang rencananya bakal dirilis dalam waktu dekat ini.

Baca Juga:
Microsoft Bakal Pensiunkan Browser Edge?

Pada browser Edge versi preview tersebut, Microsoft sudah menyematkan beberapa fitur di dalamnya, seperti dukungan terhadap Chrome extension, sinkronisasi menu favorit, dan tampilan user interface yang sedikit dimodifikasi dari browser Chrome aslinya.

- Advertisement -

Untuk versi preview tersebut, Microsoft tidak menyematkan beberapa fitur unggulan yang sebelumnya ada pada Edge, seperti hide tab, dan ink stylus. Meski begitu, mereka tak lupa untuk menyematkan fitur dark mode pada versi setengah matang tersebut.

Baca Juga:
Xiaomi Rilis Browser Ringan Namun Secepat Chrome

Hingga saat ini, Microsoft sendiri masih belum bisa memastikan kapan browser Edge yang berbasis Chrome itu bakal memasuki versi final dan mulai didistribusikan kepada para penggunanya.

Namun yang pasti, mereka sudah memastikan kalau Edge versi terbarunya tersebut tak cuma untuk pengguna Windows 10, tetapi juga untuk Windows 7, Windows 8, dan macOS.