Technologue.id, Jakarta – Xiaomi merilis sebuah browser ringan yang tidak akan menguras ruang penyimpanan ponsel. Dinamai Mint Browser, peramban ini hanya memiliki ukuran sebesar 11MB saja.

Bobot ukuran segitu tentu sangat ringan terutama di ponsel-ponsel low-end karena keterbatasan storage. Baik itu ukuran unduhan peramban, ukuran instal, penggunaan memori atau penggunaan data, itu sedikit lebih hemat dibandingkan dengan beberapa peramban lain di luar sana.

Sebagai perbandingan, Microsoft Edge untuk Android memiliki berat 76MB.

Baca Juga:
Microsoft Bakal Pensiunkan Browser Edge?

Meski hemat data namun Mint Browser menjanjikan beberapa kelebihan termasuk diantaranya cepat dalam menampilkan sebuah halaman web, menyamai kecepatan Chrome mobile dan browser Microsoft Edge. Ditambah lagi, mesin versi ringan peramban yang terintegrasi dengan MIUI ini juga sudah dilengkapi dengan kemampuan pencarian dan navigasi melalui perintah suara.

- Advertisement -

Tidak ketinggalan fitur incognito, serta mode membaca. Hal itu akan membuat mata tidak mudah lelah di saat pengguna mengaksesnya di malam hari. Mint Browser juga membenamkan fitur penghemat data seperti yang ditemui di Opera.

Baca Juga:
Mozilla Bikin Browser Baru, Apa Hebatnya?

Namun hal yang paling menarik di peramban ini adalah fitur AdFree yang artinya tidak ada iklan muncul pada saat pengguna membuka ataupun sedang menggunakan browser.

Untuk menggunakan Mint Browser, dibutuhkan setidaknya sistem operasi minimal Android 4.4 Ice Cream Sandwich. Aplikasi ini bisa ditemukan di versi web Play Store. Pastikan Anda memilih Mint Browser besutan Xiaomi, pasalnya banyak aplikasi serupa bertebaran di Google Play Store.