Technologue.id, Jakarta – Nama Bill Gates dan Steve Jobs di industri teknologi tak asing lagi. Mereka adalah orang-orang di balik kedigdayaan Microsoft dan Apple saat ini, dengan inovasi kerennya, baik dari segi software maupun hardware.

Akan tetapi menariknya, Gates dan Jobs sama-sama mendidik anaknya untuk tidak terlalu bergantung pada teknologi, bahkan dengan produk-produk yang dikembangkan perusahaannya sendiri.

Baca juga:

Samsung Galaxy Tab Active 2, Tablet Canggih nan Tangguh untuk Eksmud

- Advertisement -

Mengutip BusinessInsider (23/10/17), di tahun 2007, Gates pernah menyatakan bahwa ia tak memberikan anaknya fasilitas berupa telepon seluler hingga ia berumur 14 tahun. Padahal saat ini, rata-rata orang tua sudah memberikan anaknya ponsel saat usianya masih 10 tahun.

Sementara itu, sebuah wawancara dengan Steve Jobs pada 2011 silam juga tak kalah mencengangkan. Eks CEO Apple itu dengan tegas tak mau menyediakan iPad terbaru untuk anaknya karena ia punya aturan penggunaan gadget harus dibatasi.

Baca juga:

Waspada Hoax, Registrasi Kartu SIM Tidak Perlu Nama Ibu Kandung!

Fenomena “diet gadget” yang diterapkan oleh pesohor industri teknologi ini anehnya justru berkebalikan dengan kondisi saat ini. Menurut Joe Clement dan Matt Miles, penulis “Screen Schooled: Two Veteran Teachers Expose How Technology Overuse is Making Our Kids Dumber”, kebanyakan orang tua lebih senang jika anaknya mahir dan familiar dengan teknologi terbaru. Tak jarang, orang tua kekinian sampai rela menginvestasikan uangnya untuk gadget termutakhir.

Baca juga:

Awas, Wi-Fi Gadget Anda Bisa Jadi Pintu Masuk Buat Hacker!

“Menarik memikirkan bahwa di sekolah umum saat ini, anak-anak diharuskan menggunakan peralatan elektronik seperti iPad,” jelas keduanya dalam buku tersebut.

Dari kacamata Anda, apakah sekarang diet gadget harus makin digalakkan?

Share this