Technologue.id, Jakarta – Tidak ada satupun perusahaan teknologi yang produknya bebas dari bug, begitupun dengan Google. Malah, bug yang satu ini baru ketahuan berada di sejumlah layanan Google setelah 14 tahun lamanya.

Baca Juga:
Google Bakal Tampikan Lebih Banyak Iklan di Smartphone

Mengutip dari TheVerge (21/05/19), melalui blog resminya, Google baru saja mengumumkan bahwa mereka menemukan bug yang mendera beberapa pengguna layanan G Suite. Bug tersebut membuat password pemilik akun G Suite yang tersimpan tampak ‘telanjang’. Pasalnya, isi dari password tersebut tersimpan secara plain text, tidak terenkripsi.

Setelah ditelusuri lebih lanjut oleh Google, bug tersebut ternyata sudah sangat lama bersemayam di layanan G Suite, yakni sejak tahun 2005. Meski begitu, hingga saat ini Google tidak menemukan adanya pengguna yang dirugikan dari bug tersebut. Ini berarti, password yang tersimpan tidak sampai digunakan oleh orang yang tidak berwenang.

- Advertisement -

Baca Juga:
Didepak Google, Huawei Garap Sistem Operasi Sendiri

“Kami memperhatikan keamanan pelanggan perusahaan kami dengan sangat serius. Bug ini membuat kami tidak memenuhi standar kami sendiri, maupun standar pelanggan kami. Kami meminta maaf kepada pengguna kami dan akan melakukan sesuatu yang lebih baik”, pernyataan Google melalui blog resminya.

G Suite sendiri merupakan satu set layanan Google yang terintegrasi yang disiapkan untuk para perusahaan besar maupun korporasi. Layanan tersebut terdiri dari Gmail, Google Drive, Hangouts, Google Docs, Google Spreadsheet dan lain-lain.