Technologue.id, Las Vegas – Aura Vision Labs memperkenalkan platform video analytics berbasis cloud dengan teknologi AI dan deep learing di CES 2018. Platform ini mampu mendeteksi jenis kelamin, usia dan gaya pakaian setiap orang di pusat keramaian dari kamera manapun.

Aura Vision Labs sendiri merupakan bagian dari  Future Worlds di kampus University of Southampton yang berlokasi di Inggris. Future Worlds adalah inkubator startup di kampus di University of Southampton, Inggris. Para siswa dan peneliti dapat menciptakan inovasi baru dalam dunia teknologi di Aura Vision Labs.

Baca juga:

Headphone Ada Artificial Intelligence-nya? Intip Karya JBL Ini!

- Advertisement -

Aura Vision Labs sendiri telah mendapat dukungan dari  Web Science Institute’s Z21 Innovation Fund. Pakar machine learning, Daniel Martinho-Corbishley dan Jaime Lomeli sedang membangun pusat riset PhD di Aura Vision Labs, Inggris. Ini bertujuan untuk mewujudkan smart city dan membantu para startup.

“Saat ini terdapat lebih dari 245 juta video dari kamera pengawas yang terpasang di beberapa tempat di seluruh dunia. Melalui data video ini, kami memiliki teknologi yang dapat mengoptimalkan kamera CCTV yang ada guna mendapatkan informasi yang lebih akurat dan real-time,” ucap Daniel.

Baca juga:

HyperX Perkenalkan Aksesoris Gaming Baru di CES 2018

Di sektor ritel, loyalty cards menjadi menjadi solusi utama untuk menganalisis kebiasaan belanja konsumen di dalam toko selama bertahun-tahun. Namun, tidak semuanya dapat terdeteksi. Solusi dari Aura Vision Labs ini mampu melacak setiap pengunjung secara real-time dan tidak bergantung pada akses informasi pribadi yang sensitif.

“Dengan teknologi baru ini, ritel bisa menangkap 100 persen demografi pengunjung di dalam toko dan  tempat tinggal,” tegas Daniel.

Baca juga:

Yi Horizon VR180, Kamera VR Buatan Xiaomi

Mengarah ke aplikasi lain, revolusi smart city internasional bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan memastikan keamanan publik melalui peningkatan teknologi. Tim Aura Vision Labs berencana menggunakan teknologinya secara bersamaan untuk melacak orang dan mobil dari CCTV. Selain itu, teknologi tersebut dapat mengurangi kemacetan dan mesosialisasikan berjalan kaki sebagai bagian dari gaya hidup sehat.