Technologue.id, Las Vegas – Berbeda dengan Apple yang lebih menawarkan eksklusivitas pada penggunanya, Google lebih suka barang-barang yang bisa digunakan beramai-ramai atau inklusif. Tengok saja Android, sistem operasi yang mereka open-source-kan dan boleh dimanfaatkan oleh beragam OEM smartphone global. Hal yang sama pun diberlakukan untuk Google Assistant.

Asisten virtual pribadi itu makin hari makin kuat karena mendapatkan dukungan dari vendor lainnya sejak 2017. Sebab, AI tersebut bisa terintegrasi dengan bermacam-macam produk, dari smart TV, smart home, dan device lainnya.

Baca juga:

Perangkat Smart Home Ini Siap Asuh Si Kecil dan Lansia yang Sendirian di Rumah

Di CES 2018, daftar perangkat yang support Google Assistant telah bertambah. Satu yang cukup menarik adalah trio headphone baru JBL: Everest 710GA around-ear, Everest 310GA on-ear, dan Everest 110GA in-ear. Headphone wireless itu tak cuma menawarkan teknologi JBL Pro Sound yang dapat membuat output audio berkualitas tinggi, tetapi juga memungkinkan untuk dikontrol via suara.

Baca juga:

Headphone Seharga Rp28,5 Juta Dipamerkan di CES 2018, Apa Hebatnya?

Menukil AndroidCommunity.com (09/01/2018), Google Assistant dalam headphone tersebut dapat diperintah untuk memutar dan pause musik, mengontrol volume, atau mengecek kalender. Asalkan ponsel yang terkoneksi dengannya via Bluetooth kompatibel, maka headphone yang bisa menemani Anda seharian ini sanggup menjalankan voice command yang Anda lontarkan.

Baca juga:

Samsung Sudah Bisa “Sulap” Tembok Jadi TV!

Headphone Ada Artificial Intelligence-nya? Intip Karya JBL Ini!
Tiga headphone wireless baru Sony yang sudah dukung Google Assistant (source: Sony)

Selain produk dari JBL itu, ada juga headphone wireless lain yang telah kompatibel dengan Google Assistant, yaitu Sony F-SP700N, WI-SP600N, dan WI-SP500. Untuk produk di luar headphone, ada speaker pintar berlayar sentuh dan berkamera depan JBL, bernama Link View, serta Sony XAV-AX5000, yang bisa jadi teman berkendara Anda di dalam mobil.

Headphone Ada Artificial Intelligence-nya? Intip Karya JBL Ini!
Speaker JBL Link View (source: JBL)