Cara Memainkan YouTube Sebagai Background App di Android

Technologue.id, Jakarta – Di kalangan pengguna Android, YouTube termasuk aplikasi yang amat digemari. Buktinya, aplikasi tersebut sudah di-install lebih dari 1 juta kali dari statistik Play Store.

Yang menarik, walaupun platform untuk menonton video, YouTube juga acap dijadikan rujukan netizen untuk mendengarkan musik. Sayangnya, kalau dibandingkan dengan aplikasi streaming semacam Spotify, YouTube punya satu kelemahan, yaitu layar smartphone Anda harus selalu aktif menyala. Begitu Anda mengunci layar Anda, maka playback musik di YouTube tersebut pun akan berhenti.

Baca juga:

YouTube Sediakan Dark Mode pada Android dan iOS

Namun jangan khawatir, karena sekarang sudah ada solusinya. Adalah aplikasi YouTube Vanced, mod dari aplikasi orisinal YouTube. Begini caranya, seperti redaksi lansir dari Tech-Recipes.com (18/03/2018).

1. Masuklah ke Setting di ponsel Android Anda. Kemudian, pilih Security dan pastikan opsi “Unknown sources” di Device Administration telah tercentang.

Cara Memainkan YouTube Sebagai Background App di Android
Mengaktifkan Unknown Sources dari Settings (source: tech-recipes.com)

2. Lalu, unduhlah aplikasi YouTube Vanced di situs berikut ini https://vanced.azurewebsites.net/Download. Pilih versi yang sesuai dengan perangkat Anda, misalnya versi untuk ponsel yang sudah di-root atau yang belum.

Baca juga:

Bosan Nonton YouTube Terus? Coba Cek 3 Platform Video Ini

3. Untuk pembahasan kali ini, kami bakal memberikan tutorial untuk versi Android yang belum di-root. Jadi, selain YouTube edisi Vanced, Anda juga membutuhkan file lain bernama MicroG. FIle tersebut juga tersedia di situs YouTube Vanced di atas, silakan download sekalian.

Cara Memainkan YouTube Sebagai Background App di Android
Memasang YouTube Vanced dan microG (source: tech-recipes.com)

4. Kalau sudah, koneksikan smartphone Anda ke PC atau laptop di mana YouTube Vanced terpasang. Kemudian, copy file instalasi tadi ke ponsel Anda.

Baca juga:

YouTube: Green Screen? Ah, Kuno!

5. Begitu tuntas, buka file instalasi tersebut di ponsel Anda dan mulailah install YouTube Vanced. Susul dengan memasang MicroG. Seselesainya proses ini, maka seharusnya ponsel Android Anda sudah bisa dipakai untuk memainkan musik dalam keadaan layar mati.

Recent Articles

Fitur-fitur Keren yang Hadir di MIUI 12

Technologue.id, Jakarta - Xiaomi Indonesia resmi memperkenalkan MIUI 12. Sistem antarmuka teranyar dari Xiaomi ini mengemas serangkaian optimasi bottom up serta desain...

Galaxy Fold 2 Batal Meluncur di Samsung Unpacked?

Technologue.id, Jakarta - Gelaran Samsung Unpacked dijadwalkan akan berlangsung pada 5 Agustus 2020. Jajaran produk baru termasuk Galaxy Fold 2 dikabarkan akan...

Laptop Gaming HP Omen 15 Teranyar Mendarat di Indonesia, Segini Harganya

Technologue.id, Jakarta - HP resmi menghadirkan generasi terbaru laptop OMEN 15 di Indonesia pada Selasa (14/7/2020). Laptop gaming ini dihadirkan guna mendukung...

OnePlus Buds Bakal Segera Rilis?

Technologue.id, Jakarta - Sebagai salah satu alternatif dari headset wireless, tren earbuds masih terus berlanjut hingga saat ini. Dan kali ini, giliran...

Poco F2 Pro, Smartphone Gaming Gahar dengan Kamera Pop Up

Technologue.id, Jakarta - Setelah dua tahun hiatus, Xiaomi akhirnya merilis penerus brand Poco di Indonesia. Sama seperti fokus sebelumnya, Poco F2 Pro...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here