Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Cara Mengatasi Kursor Laptop Tidak Bergerak
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Laptop adalah alat yang sangat penting bagi kebanyakan orang saat ini. Keberadaan laptop membuat kita dapat bekerja, berkomunikasi, dan bermain game di mana dan kapan saja. 

Namun, seperti halnya perangkat lain, laptop juga memiliki masalah yang sering terjadi. Salah satu masalahnya adalah kursor yang tidak bergerak. Ini dapat menjadi masalah besar bagi mereka yang membutuhkan kursor untuk bekerja.

Untuk mengatasi masalah kursor laptop yang tidak bergerak, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat membantu Anda mengatasi masalah kursor laptop yang tidak bergerak.

Baca Juga:
3 Cara Mudah untuk Mengatasi Smartphone Android yang Tidak Bisa Diisi Daya

  1. Gunakan Mouse Eksternal

Langkah pertama yang mudah dan cepat dilakukan adalah dengan memakai mouse eksternal sebagai solusi sementara. Dengan memakai mouse eksternal, Anda bisa dengan mudah membantu pekerja dengan lebih efisien.

  1. Buka Kunci Trackpad

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan membuka kunci trackpad. Beberapa laptop terdapat tombol khusus yang fungsinya untuk menonaktifkan trackpad. Apabila tombol ini tidak sengaja tertekan, maka secara otomatis trackpad laptop akan menjadi nonaktif atau tidak bisa bergerak.

Karenanya, Anda cukup menekan tombol function tersebut, sehingga fungsi trackpad yang ada pada laptop Anda bisa berfungsi kembali.

  1. Mengaktifkan Trackpad Lewat Control Panel

Jika function tersebut ternyata bukan masalahnya, Anda bisa mengatasi kursor laptop tidak bergerak melalui control panel. Langkah-langkahnya juga cukup mudah.

Anda cukup membuka menu Control Panel. Lalu pilih Hardware & Sound kemudian klik Mouse, dan klik Enable pada driver trackpad. Dengan mengaktifkan Enable pada driver trackpad, kamu sudah bisa mengaktifkan kursor yang semula tidak berfungsi.

Baca Juga:
5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Baterai iPhone yang Boros

  1. Cek Enhanced Pointer Precision

Jika Anda secara tidak sengaja telah mengubah setingan pada kursor laptop, maka masalah tersebut memungkinkan menu Enhanced Pointer Precision ikut dicentang. Fitur ini dimanfaatkan untuk mempercepat perpindahan kursor pada layar monitor laptop Anda.

Meski demikian, beberapa laptop yang terdapat penggunaan fitur ini biasanya membuat kursor tidak bisa bergerak. Karena itu, untuk mengatasinya, Anda cukup melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Masuk ke Control Panel;
  • Pilih Hardware and Sound;
  • Pilih Mouse;
  • Pilih Mouse Properties;
  • Pilih Pointer Options;
  • Unchecklist Enhance pointer precision.
  1. Uninstall Driver Trackpad

Langkah terakhir adalah melakukan uninstall driver trackpad yang rusak. Hal ini bisa jadi penyebab kursor laptop tidak bergerak. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa meng-uninstal driver. Berikut ini adalah caranya:

  • Tekan Win + R kemudian ketik devmgmt.msc lalu Enter;
  • Jika sudah, akan muncul pilihan menu dan pilih Mice and other pointing devices;
  • Lalu kemudian uninstal driver.

Perlu diingat, apabila Anda telah menyelesaikan proses uninstall driver yang rusak, Anda juga perlu melakukan install ulang driver yang baru. Hal ini dilakukan agar trackpad yang awalnya tidak bergerak dapat berfungsi secara semula.

  • Anda cukup mengunduh driver Sypnaptic melalui laman resminya;
  • Setelah itu, buka set up dan ikuti petunjuk sesuai arahan yang disediakan.

Setelah proses instal ulang selesai, Anda bisa langsung mencoba trackpad pada laptop Anda apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Nah, itulah 5 langkah yang bisa Anda lakukan apabila menghadapi problem kursor yang tidak bisa bergerak pada layar laptop Anda. Periksalah terlebih dahulu seperti panduan di atas sebelumnya nantinya Anda memutuskan untuk memeriksakannya ke tempat service.

SHARE:

Kreator Konten Mulai "Gerah" Gara-Gara Ulah Pengembang AI

Rumor dan Bocoran Terbaru iPhone 16 Jelang Rilis September