Technologue.id, Jakarta – Beberapa waktu lalu, Instagram dikabarkan tengah menyiapkan pelayanan spesial untuk penggunanya. Media sosial untuk berbagi foto dan video itu mengusahakan agar user bisa men-download seluruh data yang sudah di-posting pada akun Instagram miliknya.

Belum lama ini, fitur tersebut telah tersedia. Anda yang ingin mengunduh foto-foto terdahulu yang pernah diunggah ke Instagram pun bisa mengunduh seluruhnya. Begini caranya.

Baca juga:

Ini Cara Mudah Download Foto dari Instagram Menggunakan Aplikasi Telegram

1. Karena aplikasi Instagram di mobile belum menyediakan fitur ini, maka Anda harus log-in ke Instagram via desktop. Begitu berhasil, langsung masuklah ke laman profil Anda.

2. Sesampainya di laman profil, klik ikon gear di sebelah tombol “Edit Profile”. Lalu pilih Privacy and Security.

Cara Mengunduh Data Pribadi Anda di Instagram

Baca juga:

Penting! Begini Cara Sembunyikan Status Online di Instagram

3. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan sub berjudul “Data Download” atau “Unduhan Data”. Klik “Request Download” atau “Minta Unduhan” dalam bahasa Indonesia.

Cara Mengunduh Data Pribadi Anda di Instagram

4. Anda perlu mengisi password dari akun Instagram Anda dan memproses permintaan pengunduhan data ini. Umumnya, proses ini bisa membutuhkan waktu hingga dua hari, terlebih kalau Anda punya banyak foto. Sebaliknya, kalau foto Anda yang pernah di-upload ke Instagram hanya sedikit, mungkin Anda hanya perlu menunggu beberapa jam saja.

Cara Mengunduh Data Pribadi Anda di Instagram

Baca juga:

Diam-diam, Instagram Sediakan Fitur Pembayaran

Nantinya, Instagram akan mengirimkan tautan untuk mengunduh data Anda berupa foto dan video via email. Perlu diingat, foto dan video yang akan Anda terima ini adalah versi yang sudah melalui proses editing.

Selamat mencoba!