Technologue.id, Jakarta – Menjamurnya netizen yang berbisnis online di Instagram sepertinya tak ingin disia-siakan platfrom photo-video sharing itu. Sebab, Instagram diam-diam terendus menambahkan fitur in-app payment untuk segelintir penggunanya.

Menukil TechCrunch.com (03/05/2018), fitur yang sedang diujicobakan ini memungkinkan user Instagram berbelanja menggunakan kartu kredit atau debit di dalam aplikasi. Setelah proses verifikasi berhasil, user pun dapat memesan jasa langsung dari platfrom yang diluncurkan Oktober 2010 tersebut, macam booking restoran atau salon.

Baca juga:

Ini Rentetan Fitur Baru Instagram, Ada Video Call!

- Advertisement -

Fitur ini adalah lanjutan dari inisiatif Instagram dalam memberikan business profile Maret 2017 lalu serta uji coba layanan pemesanan ke akun-akun yang sudah memakai business profile. Walaupun Instagram sempat mengatakan bakal menyajikan layanan pemesanan di tahun 2017, tetapi kemungkinan baru tahun ini fitur tersebut secara resmi diluncurkan.

Baca juga:

Instagram Akan Hadirkan Fitur Mute (dan Seabrek Lainnya)

Business profile sendiri mempersilakan pengguna Instagram memfungsikan akunnya layaknya toko maupun penjaja jasa maya, dengan detail informasi email, nomor telepon, alamat, hingga statistik terkait posting dan pola kebiasaan followers lebih mendalam. Nah, in-app payment ini akan menambah satu lagi deretan tombol di profil bisnis Instagram, yakni “book”.

Baca juga:

Update Baru Instagram, Buat Banyak Stories Kini Jadi Lebih Mudah

Redaksi menilai fitur pembayaran dalam aplikasi ini mungkin hanyalah satu langkah awal bagi Instagram untuk menjadi platfrom jual-beli online. Bukan tidak mungkin ke depannya mereka akan memperkuat pula fitur Shoppable Tags, yang bisa mempersuasi netizen untuk membeli produk yang diiklankan tetapi men-direct ke platfrom atau situs lainnya, dengan fitur in-app payment ini.