Technologue.id, Jakarta – Memakirkan kendaraan kadang bikin pusing bila kita lupa lokasi tepatnya. Hal ini sering terjadi bila kita kurang familiar dengan gedung atau lokasi parkir tersebut.

Bila Anda seringkali lupa dimana memarkir kendaraan, sekarang bisa andalkan smartphone sebagai teman pengingat. Ponsel cerdas dapat membantu menemukan tempat parkir – atau lokasi lain mana pun. Yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi Mapping yang sering digunakan untuk navigasi, misalnya saja Google Maps.

Baca Juga:
Google Maps Adopsi Fitur Slowdown Ala Waze

Buka Google Maps di perangkat iOS atau Android Anda, dan bersiaplah untuk dibantu menemukan lokasi parkir tanpa harus tersesat.

Di iPhone
Menyimpan lokasi parkir di Google Maps for iOS sebenarnya cukup sederhana, namun tetap saja ada beberapa opsi yang masih terbatas bila dibandingkan dengan Android.

Untuk menyimpan lokasi parkir:

  • Ketuk titik biru pada peta, yang mewakili lokasi Anda saat itu
  • Pilih “Set as parking location/Tetapkan sebagai lokasi parkir” dari menu yang muncul
  • Jika Anda ingin mengirim tautan lokasi parkir ke orang lain, cari tombol “Share/Bagikan” di bar “Saved parking/Parkir tersimpan” di bagian bawah antarmuka Maps. (Jika Anda tidak melihat bar, ketuk sekali di mana saja pada layar untuk membuatnya muncul)

Baca Juga:
Google Maps Bakal Tegur Pengendara yang Suka Ngebut

Saat ingin menemukan tempat parkir Anda:

  • Ketuk tombol “Directions/Arah” di bilah “Saved parking/Parkir tersimpan” agar Google Maps kemudian menunjukkan arah langkah demi langkah kembali ke tempat Anda, atau ketuk tombol “Start/Mulai” di area yang sama untuk memulai navigasi
  • Ketuk tombol “Clear/Hapus” untuk menghapus lokasi yang disimpan, atau ketuk tombol “Share/Bagikan” untuk mengirim orang lain tautan ke lokasi tersebut

Selain itu, Google Maps juga dapat memberikan notifikasi ketika Anda telah menyimpan tempat parkir. Untuk mengaktifkannya:

  • Ketuk ikon menu tiga baris di sudut kanan atas aplikasi
  • Ketuk ikon pengaturan berbentuk roda gigi, dan gulir ke bawah hingga Anda melihat “Notifications/Pemberitahuan”
  • Pilih menu itu dan kemudian pastikan toggle untuk ““Saved parking locations/Lokasi parkir tersimpan” menyala. (Anda mungkin diminta untuk mengotorisasi aplikasi untuk memberikan pemberitahuan terlebih dahulu).