Technologue.id, Jakarta – Google meluncurkan fitur untuk melaporkan kecelakaan lalu lintas di Google Maps. Fitur Slowdown atau perlambatan lalu lintas ini mengadopsi fitur andalan yang sebelumnya lebih dulu ada di Waze.

Dengan fitur Slowdown, yang juga dikenal dengan kemacetan di kawasan daerah tertentu, pengguna Google Maps bisa memberikan kontribusi untuk mendapatkan pengalaman navigasi lebih lancar, serta perkiraan waktu lebih realistis serta adanya rekomendasi rute baru selama jam-jam sibuk. Informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk tampilan grafik pada peta digital.

Baca Juga:
Google Maps Bakal Tegur Pengendara yang Suka Ngebut

Setelah mengakuisisi Waze di tahun 2016, Google semakin serius memperkaya fitur di layanan peta digitalnya. Mungkin ke depannya Google akan lebih banyak lagi membawa sejumlah fitur populer Waze ke platform utamanya Google Maps.

- Advertisement -

Fitur di Google Maps yang menjiplak dari Waze saat ini antara lain pelaporan kerusakan, pos pemeriksaan polisi, dan speed camera. Dan saat ini telah ditambahkan opsi untuk melaporkan kemacetan lalu lintas secara manual untuk dilihat oleh pengguna lain.

Baca Juga:
Google Maps Kini Telah Terintegrasi Google Assistant

Fitur pelaporan kecelakaan lalu lintas di Google Maps pertama kali diujicoba kembali pada bulan Desember tahun lalu. Sebelumnya, fitur ini berkali-kali digodok dalam teardown APK pada awal tahun.

9to5Google (5/4/2019) mencatat bahwa fitur baru tersebut akan diluncurkan minggu ini. Namun belum diketahui siapa yang akan dapat lebih dulu, apakah pengguna Android atau pengguna iOS. Google belum mengomentari lebih detail soal ketersediaan fitur.