Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Cegah Peretasan, Passkeys ID Apple Dukung Keamanan Akun Pengguna
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Dalam era digital yang semakin maju, keamanan data menjadi hal yang sangat penting. Khususnya, perlindungan terhadap akun-akun online harus menjadi prioritas utama.

Passkeys tradisional yang kita gunakan untuk masuk ke akun-akun tersebut ternyata memiliki kelemahan, seperti mudah terlupakan, mudah ditebak, atau bisa saja diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:
Telkomsel Rampungkan Upgrade Jaringan 4G LTE di Seluruh Indonesia

Oleh karena itu, ID Apple telah menghadirkan inovasi baru yang dapat mengatasi masalah tersebut, yaitu Passkeys ID Apple.

Apa Itu Passkeys ID Apple?

Passkeys ID Apple merupakan solusi baru untuk menggantikan kata sandi tradisional dengan metode autentikasi perangkat Anda sendiri.

Dengan menggunakan Passkeys ID Apple, Anda dapat masuk ke berbagai layanan dan platform yang terhubung dengan akun Apple Anda tanpa perlu memasukkan kata sandi.

Sebagai contoh, Anda dapat masuk ke Apple.com, icloud.com, dan banyak layanan lainnya hanya dengan menggunakan biometrik di iPhone atau MacBook Anda.

Teknologi di Balik Passkeys ID Apple

Passkeys ID Apple didasarkan pada teknologi WebAuthn (Web Authentication) yang canggih. Saat Anda membuat Passkeys ID Apple, sistem akan membuat dua kunci yang berbeda.

Salah satunya akan disimpan oleh situs web atau layanan yang Anda gunakan, sedangkan kunci pribadi lainnya akan disimpan di perangkat yang Anda gunakan untuk memverifikasi identitas Anda.

Keuntungan Menggunakan Passkeys ID Apple

Penggunaan Passkeys ID Apple memberikan beberapa keuntungan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang bisa Anda dapatkan:

  1. Keamanan yang Lebih Tinggi

Dengan Passkeys ID Apple, Anda tidak perlu khawatir tentang kemungkinan kata sandi Anda diretas atau digunakan oleh orang lain tanpa izin.

Autentikasi menggunakan biometrik atau fitur keamanan lainnya pada perangkat Apple Anda memberikan perlindungan yang lebih kuat terhadap akun Anda.

  1. Kemudahan Akses

Anda dapat masuk ke berbagai layanan dan platform yang mendukung masuk dengan ID Apple Anda tanpa perlu mengingat atau memasukkan kata sandi.

Cukup gunakan fitur biometrik pada perangkat Anda, seperti ID Wajah di iPhone, sensor sidik jari pada ponsel Android, atau Windows Hello di PC, untuk melakukan otentikasi.

  1. Sinkronisasi Antar Perangkat

Setelah Anda membuat Passkeys ID Apple di iPhone, iPad, atau Mac Anda, kunci tersebut akan secara otomatis disinkronkan di semua perangkat Apple yang Anda miliki.

Dengan demikian, Anda dapat menggunakan salah satu perangkat tersebut untuk masuk dengan ID Apple Anda, tanpa perlu memasukkan kata sandi.

  1. Penggunaan di Perangkat Non-Apple 

Selain dapat digunakan di perangkat Apple, Passkeys ID Apple juga dapat digunakan di perangkat non-Apple.

Dalam waktu dekat, pengguna Android dan Windows juga akan dapat menggunakan Passkeys ID Apple untuk masuk ke akun-akun mereka, asalkan mereka menggunakan Chrome atau Edge browser yang mendukung teknologi Passkeys.

Baca Juga:
Digantung di Leher, Speaker Sharp Dibekali Teknologi Alat Bantu Dengar

Kesimpulan

Passkeys ID Apple merupakan terobosan yang menghadirkan keamanan dan kemudahan akses yang luar biasa.

Dengan menggunakan Passkeys ID Apple, Anda dapat memperkuat keamanan akun Anda dan menghilangkan kekhawatiran terkait kata sandi yang mudah ditebak atau diretas.

Selain itu, Passkeys ID Apple juga memberikan kenyamanan akses tanpa perlu mengingat kata sandi.

Dalam waktu dekat, kita dapat mengharapkan dukungan Passkeys ID Apple yang lebih luas, termasuk penggunaan di perangkat non-Apple.

SHARE:

Bandara Kena Serang, Microsoft Jadi "Kambing Hitam"

Tips Amankan Data Penting dengan Metode 3 – 2 – 1