Technologue.id, Jakarta – Kamis (29/03/2018), Vivo secara resmi mengenalkan V9, smartphone jagoannya yang punya notch dan beraspek rasio 19:8. Acara peluncuran yang diadakan di Candi Borobudur, Magelang, itu amat meriah. Sebab, tak hanya diramaikan artis-artis yang namanya tak asing lagi mulai dari Agnes Monica, Afgan, Tulus, Maudy Ayunda, Al Ghazali, Gigi, sampai Via Vallen, event tersebut juga disiarkan di 12 televisi nasional.

Kampanye promosi besar-besaran Vivo ini seakan ditanggapi sinis oleh vendor China lain yang menggarap pasar ponsel Tanah Air, Xiaomi. Bagaimana tidak, semalam (29/03/2018) lewat akun resminya, @xiaomiindonesia, mereka mengunggah video tutorial yang menyindir event Vivo.

Baca juga:

Vivo V9 Resmi Meluncur di Candi Borobudur

Dalam video berdurasi 24 detik tersebut, Xiaomi menjelaskan secara singkat dan sederhana bagaimana ponsel pintarnya bisa dijadikan remote TV berbekal aplikasi Mi Remote. Tutorial itu menunjukkan beberapa trik, seperti mute audio, berganti channel, juga mematikan televisi yang telah tersinkronisasi.

Yang menarik, televisi yang dimatikan itu tampak sedang menampilkan siluet Candi Borobudur, yang mana merupakan lokasi event Vivo yang tengah live serentak semalam. Ditambah lagi, cuitan Xiaomi tersebut terdengar sarat nada kecemburuan.

Baca juga:

Ini Alasan Vivo V9 Versi Global Beda dengan Indonesia

“Eh.. Tau ga siy, HP kita bisa jadi remote TV juga lho. Ikutin tutorialnya yuuk. Yang TV nya udah mati coba fotoin ke mimin dong..,” begitu bunyi cuitan @xiaomiindonesia yang sejauh ini sudah di-retweet lebih dari 500 kali dan disukai lebih dari 400 kali.

Baca juga:

Intip Vivo V9, Ini Wujudnya

Faktanya, ini bukan kali pertama Vivo menggelar launching produk baru lewat televisi nasional Indonesia. Tahun lalu di bulan September, mereka sudah menyiarkan peluncuran V7+ di sembilan TV sekaligus. Sementara itu, Xiaomi bukanlah vendor yang jor-joran dalam mempromosikan produknya. Mereka lebih suka menghelat program semacam flash sale di sejumlah e-commerce ternama.