Chairman Samsung Lee Kun-hee Tutup Usia

Technologue.id, Jakarta – Chairman Samsung Electronics Lee Kun-hee tutup usia pada usia 78 tahun pada hari Minggu (25/10). Ia meninggal setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat serangan jantung.

Melansir laman New York Times, dalam pernyataan yang dikeluarkan Samsung, Lee Kun-hee meninggal ditemani keluarganya di sisinya. Termasuk wakil ketua Samsung Electronics Lee Jae-yong, satu-satunya putra senior Lee dan pewaris.

Baca Juga:
Pengguna Samsung Galaxy S20 FE Laporkan Masalah Touchscreen

Lee telah lumpuh selama bertahun-tahun setelah menderita serangan jantung pada tahun 2014, menyebabkan dia menarik diri dari kehidupan publik.

“Chairman Lee adalah seorang visioner sejati yang mengubah Samsung menjadi inovator dan pembangkit tenaga industri terkemuka dunia dari bisnis lokal,” kata Samsung, Senin, 26 Oktober 2020.

Di bawah kepemimpinan Lee, Samsung bertransformasi menjadi produsen telepon pintar dan chip memori terbesar di dunia. Lee Kun-hee pertama kali ambil alih Samsung pada 1987, setelah ayahnya Lee Byung-chull meninggal dunia.

Mendiang yang juga dikenal sebagai Jay Y. Lee ini tanpa henti mendorong Samsung menaiki tangga kesuksesan. Hingga jelang tahun 2000-an, Samsung menjelma menjadi produsen smartphone kelas menengah ke atas dan melampaui merk-merk dari Jepang, termasuk Sony, Sharp Corp dan Panasonic Corp.

Baca Juga:
Meluncur Tahun Depan, Samsung Galaxy S21 Ultra Usung 5 Kamera Belakang

Omset keseluruhan perusahaan setara dengan seperlima dari produk domestik bruto (PDB) negara, menjadikannya penting bagi kesehatan ekonomi Korsel.

Bisnis Samsung pun tak terhenti di bidang elektronik saja, tapi juga merambah ke asuransi hingga konstruksi perkapalan. Hal tersebut menjadikan sosok Lee Kun-hee sebagai orang paling berpengaruh dan menjadi orang terkaya di Korea Selatan.

Latest News

Cara Unduh dan Main Free Fire di PC Tanpa Emulator

Technologue.id, Jakarta - Meski sebagai game mobile, “cara unduh Free Fire di PC tanpa emulator” selalu jadi topik populer di kalangan pemain...

Quipper Bikin Kompetisi untuk Guru Tingkat SMA Se-Indonesia, Total Hadiahnya Rp52 Juta!

Technologue.id, Jakarta - Quipper kolaborasi bareng Fruit Tea Sosro bikin kompetisi berjudul Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020. Kompetisi ini dikhususkan bagi guru...

Meluncur Tahun Besok, Ini Bocoran Samsung Galaxy Z Flip 3

Technologue.id, Jakarta - Setelah sukses menghadirkan Galaxy Z Flip dan Galaxy Z Flip 5G, Samsung dikabarkan tengah bersiap menghadirkan penerusnya, yakni Galaxy...

Tokopedia Berdayakan Perempuan di Era Digital Lewat ‘START Summit Extension: Women in Tech’

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia menggelar START Summit Extension dengan tema Women in Tech secara daring pada 28 November 2020 pukul 09.30-19.00 WIB....

Samsung Berhenti Rilis Seri Galaxy Note Pada 2022?

Technologue.id, Jakarta - Samsung dilaporkan bakal menghentikan produksi generasi Galaxy Note-nya dalam dua tahun kedepan. Sebuah tweet oleh @cozyplanes...

Related Stories