Technologue.id, Jakarta – Dalam rangka menekan angka penyebaran virus Corona, Pemerintah China mempunyai cara tersendiri. Salah satu yang menarik yaitu dengan menarik peredaran uang tunai yang berpotensi terpapar virus tersebut lalu mencucinya.

Dilansir dari CNBC pada Rabu (19/2/2020), Pemerintah China mengimbau bank-bank diseluruh negeri untuk menarik peredaran uang tunai. Nantinya, uang yang sudah ditarik akan didekontaminasi menggunakan peralatan khusus untuk membunuh virus Corona.

Baca Juga:
Pemerintah Jepang Bagi-bagi iPhone di Tengah Wabah Corona

Uang-uang tersebut akan akan disinari dengan ultaviolet dan dipanaskan. Setelah semua proses itu selesai, uang-uang tersebut akan ditahan peredarannya selama setidaknya 7 sampai 14 hari sebelum didistribusikan kembali.

Meski begitu, Muhammad Munir, ahli virologi di Universitas Lancaster di Inggris, mengatakan bahwa upaya China untuk mendekontaminasi uang tunai akan memiliki dampak minimal pada penanggulangan virus corona. Pasalnya, kelangsungan hidup virus pada uang kertas tidak bisa ditentukan.

Baca Juga:
Bisa Tanya-tanya Dokter di Aplikasi TikTok

Menurutnya, menjaga kebersihan tangan yang baik adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko penularan virus corona. Hal ini juga merupakan saran yang dibagikan oleh banyak profesional medis di tengah wabah coronavirus.

Hingga saat ini, Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan pada bahwa 2.048 kasus baru virus corona telah dikonfirmasi pada 16 Februari. sehingga jumlah total infeksi di negara itu hingga saat ini mencapai 70.548