Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Clubhouse Android Terancam Diblokir Kominfo
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi audio chat Clubhouse belum lama ini meluncurkan versi Android di Amerika Serikat. Namun bila tersedia juga di Indonesia terancam diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Mengapa demikian?

Hal itu dikarenakan Clubhouse belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia. Sebab itu, Kemenkominfo mewajibkan Clubhouse untuk segera mendaftarkan diri.

Baca Juga:
Kominfo Tunggu Clubhouse Daftar Hingga Mei 2021

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Kominfo No 5 Tahun 2020. Kewajiban melakukan pendaftaran bagi Penyelenggara Sistem Elektronik dilakukan sebelum Sistem Elektronik mulai digunakan oleh pengguna, yakni 6 bulan sejak PM No 5 Tahun 2020 diundangkan pada tanggal 24 November 2020.

Itu artinya, jika PSE tidak mendaftar maka akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses oleh Kemenkominfo alias diblokir, seperti tercantum pada pasal 100 aturan PP PSTE dan pasal 7 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 5/2020. Tetapi, akses akan kembali dibuka ketika platform tersebut sudah mendaftar ke Kominfo.

"Proses pendaftaran merupakan proses yang wajar dan ditujukan untuk kepentingan masyarakat serta ruang digital Indonesia yang lebih sehat, terkait pelindungan data pribadi dan keamanan siber," ungkap juri bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Clubhouse Versi Android Dirilis

Kewajiban mendaftar ini juga tercantum dalam Pasal 53 UU PSTE No. 71 tahun 2019. Platform yang wajib mendaftar adalah yang memberikan layanan di Indonesia, melakukan usaha di Indonesia dan sistem elektroniknya digunakan atau ditawarkan di wilayah Indonesia.

Dari pantauan Technologue.id, hingga kini Clubhouse belum mendaftar di situs PSE Kemenkominfo. Padahal Kemenkominfo menunggu seluruh platform digital yang belum mendaftar, termasuk Clubhouse, hingga batas waktu Mei 2021. Jika perusahaan tersebut enggan mendaftar, para pengguna harus bersiap tidak lagi dapat mengakses aplikasi baik di Android maupun iOS.

SHARE:

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus untuk Perkuat Lini PC

Starlink Punya Market Berbeda, XL Axiata Sebut Bukan Kompetitor