Technologue.id, Jakarta – Siapa tak kenal YouTube? Situs untuk berbagi dan menonton video itu mulanya hanyalah perusahaan rintisan yang didirikan oleh Chad Hurley, Jawed Karim, serta Steve Chen, tetapi kini sudah diakuisisi Google hingga jadi salah satu platform maya terpopuler sedunia.

Terinspirasi oleh kesuksesannya di YouTube, Steve Chen mencoba peruntungan di sektor video streaming dengan mendirikan Nom.com. Situs tersebut adalah jaringan livestream khusus makanan dan mulai dibuka untuk publik pada Maret 2016 silam.

Baca juga:

Sasar Generasi Milenial, Global Digital Open Trip Luncurkan Aplikasi diOpentrip

- Advertisement -

Selang dua tahun kemudian, mengutip VentureBeat.com (18/04/2018), Nom.com resmi berhenti beroperasi. Sebenarnya, indikasi tutupnya Nom.com sudah ada dari tahun lalu. Soalnya, tanpa ada angin dan hujan, akun resmi Twitter mereka dibuat privat. Posting terakhir di laman Facebook mereka pun telah 4 Maret 2017 lalu, alias setahun pasca public launch-nya. Saat redaksi coba mengaksesnya sekarang, domain Nom.com dijual seharga Rp20,5 miliaran.

Coba Peruntungan Lain di Bisnis Streaming, Co-Founder YouTube Gagal
Tampilan situs nom.com semasa live (source: ibtimes.co.uk)

Baca juga:

Lewat Startup “Bus Mini” Ini, Mercedes-Benz Tantang Uber

Chen, yang di sana berperan sebagai CTO dan didukung Vijay Karunamurthy sebagai CEO yang juga eks YouTube, sejatinya sempat mendapatkan suntikan senilai 4,7 juta USD (setara Rp64 miliaran). Tak tanggung-tanggung, deretan investor yang menyuntik Nom.com di antaranya penyanyi Gangnam Style dan aktor Jared Leto.

Baca juga:

Go-Jek dan Grab Saling Serang di Twitter

“Nom adalah wadahnya pencinta makanan. Kalau Anda pernah mengambil gambar menu makan malam Anda, Nom cocok buat Anda. Kalau Anda punya blog tentang makanan dan ingin terhubung dengan audience yang lebih luas, Nom cocok untuk Anda. Kalau dapur restoran adalah kantor Anda, Nom jugalah yang cocok untuk Anda,” Chen memberi deskripsi startup video streaming keduanya setelah YouTube semasa platform itu masih aktif.