Daftar Fitur Baru iOS 15

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Sistem operasi untuk ponsel dan perangkat milik Apple telah memiliki pembaruan, yakni iOS 15.

Dibanding iOS versi sebelumnya, terdapat beberapa fitur terbaru yang akan hadir di iOS 15. Melansir laman resmi Apple, iOS 15 menawarkan fitur baru antara lain untuk FaceTime, Maps, Focus dan Live Text.

Berikut perubahan besar yang Apple berikan melalui iOS 15.

  1. Audio Spasial dan Dukungan untuk Android dan Windows pada FaceTime

Melansir cnet.com, pada iOS 15, FaceTime akan menawarkan beberapa fitur terbarunya.

Fitur tersebut adalah Audio Spasial, yakni fitur audio yang membuat suara orang tampak berasal dari posisi mereka di layar. Hal ini membuat obrolan video terasa lebih alami dan hidup.

FaceTime juga akan mulai terlihat lebih mirip Zoom sehingga memungkinkan pengguna melakukan beberapa hal.

Termasuk melihat semua peserta dalam tampilan kisi, menjadwalkan panggilan, dan membagikan tautan ke panggilan yang dapat diakses melalui browser di perangkat Google Android dan Microsoft Windows.

Baca Juga:
iOS 15 Meluncur, Bisa Update di Indonesia

  1. Pembaruan pada Notifikasi

Bagian notifikasi dalam iOS 15 juga mendapat pembaruan. Kini ukuran font di notifikasi dibuat sedikit lebih besar dan detail ikon atau foto dari kontak yang mengirim pesan akan tampil di deretan kiri.

Fitur baru yang diberikan adalah Notification Summary yaitu berupa rangkuman dari notifikasi yang Anda dapatkan di pagi hari atau malam atau sesuai jadwal yang diinginkan.

Rangkuman ini ditampilkan secara khusus berdasarkan urutan prioritas dan kebiasaan yang sering Anda lakukan.

  1. Fitur berbagi iMessage

Fitur berbagi iMessage akan hadir dalam iOS 15. Dengan fitur ini, pengguna dapat berbagi foto, artikel berita, dan daftar putar.

Saat seseorang mengirimi banyak foto melalui iMessage, foto-foto itu akan muncul dalam formasi kolase yang memungkinkan untuk menggeseknya atau mengetuk untuk melihat keseluruhannya di aplikasi foto.

Jika pengguna ingin mengakses foto yang sama nanti, mereka akan menemukannya disimpan di folder baru ‘Shared With You’, serta dapat digabungkan dengan foto lainnya.

Pengguna juga akan menemukan artikel berita dan daftar putar yang dibagikan melalui iMessage di tab ‘Shared With You’ di aplikasi News dan Apple Music.

Baca Juga:
Mengintip Bocoran Fitur Baru iOS 15

  1. Pembaruan pada Apple Maps

Aplikasi Apple Maps akan mendapatkan pembaruan, seperti data ketinggian, warna jalan, petunjuk arah mengemudi, maps yang berwujud 3D, serta peningkatan dalam mode malam.

Dalam mode transportasi umum, Anda juga dapat menyematkan halte angkutan umum terdekat dan informasi stasiun ke perangkat iPhone dan Apple Watch serta menerima pembaruan dan pemberitahuan otomatis saat Anda berkendara dan mendekati perhentian.

Saat bepergian dengan berjalan kaki, fitur augmented reality (AR) memungkinkan Anda untuk memindai bangunan terdekat di area tersebut dengan kamera iPhone untuk menentukan posisi tepat mereka untuk arah berjalan yang lebih akurat.

Pada iOS 15, desain cuaca terlihat begitu dinamis karena diperlihatkan dalam bentuk full-maps dan ditambah perubahan cuaca secara dinamis diperlihatkan lewat peta dan tampil dengan real-time.

Selain itu terdapat notifikasi semisal akan ada hujan atau salju dan diberitahukan sebelum dan ketika akan terjadi.

  1. Memoji dan Memoji Stiker

Untuk pengguna yang suka berkirim Memoji, update iOS 15 memberikan beberapa pembaruan penting di fitur ini.

Memoji Sticker dengan efek pakaian, beberapa detail warna mata, kacamata, warna rambut, aksesori kepala dan perlengkapan pendukung untuk pengguna dengan aksesibilitas khusus.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories